Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Problem Possing pada Siswa SMP

Authors

  • Supriyanti Supriyanti

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.294

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Possing pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojolaban semester II tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojolaban semester II tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 63,0 mencapai ? 80%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Possing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojolaban. Sebelum tindakan/prasiklus, prestasi belajar siswa yang mencapai KKM 18 siswa atau 58,0%, pada siklus I, 24 siawa atau 77,4% dan pada siklus II, 27 siswa atau 87,9%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 65,03 setelah tindakan siklus I sebesar 75,90 dan setelah tindakan siklus II sebesar 84,13.

References

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Possing pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojolaban semester II tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojolaban semester II tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 63,0 mencapai ≥ 80%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Possing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojolaban. Sebelum tindakan/prasiklus, prestasi belajar siswa yang mencapai KKM 18 siswa atau 58,0%, pada siklus I, 24 siawa atau 77,4% dan pada siklus II, 27 siswa atau 87,9%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 65,03 setelah tindakan siklus I sebesar 75,90 dan setelah tindakan siklus II sebesar 84,13.

Downloads

Published

2019-01-30

How to Cite

Supriyanti, S. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Problem Possing pada Siswa SMP. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(1), 12–22. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.294

Issue

Section

Artikel