Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Prakarya

Authors

  • Sri Lestari

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.295

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar prakarya melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VII G SMP Negeri2 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2017/ 2018 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70,0 mencapai ? 85%.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa prakarya siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Sukoharjo. Sebelum tindakan/ prasiklus, prestasi belajar siswa yang mencapai KKM 15 siswa atau 46,9%, pada siklus I, 23 siawa atau 71,9% dan pada siklus II, 30 siswa atau 93,75%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 68,5 setelah tindakan siklus I sebesar 71,9 dan setelah tindakan siklus II sebesar 82,1.

References

Arikunto, A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, M. 2011. Coopertive Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Putaka Pelajar.

Isjoni. 2011.Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2008. Stretegi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

----------------. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sujatmiko, P. 2005. Seni musikKreatif 2. Solo: Tiga Serangkai Pustaka mandiri

Taniredja, T, Irma, dan Nyata. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru Praktik, Praktis, dan Mudah. Bandung: Alfabeta.

Untoro, J. 2007. Buku Pintar Seni musikSMP. Jakarta: Wahyu Media.

Downloads

Published

2019-01-30

How to Cite

Lestari, S. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Prakarya. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(1), 42–52. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.295

Issue

Section

Artikel