Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Suyono Suyono SMA Negeri 2 Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.299

Keywords:

inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI IPA7 SMA Negeri 2 Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research) dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan tes tertulis untuk keterampilan. Pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing memiliki dampak positif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa yang ditandai dengan ketuntasan secara klasikal  dari siklus I (46,26%) menjadi (83,22) pada siklus II. Hasil belajar keterampilan siswa meningkat setelah mengikuti pembelajaran  model IDL Terbimbing dengan persentase ketuntasan klasikal dari siklus I (62,50%) menjadi (90,63%) pada siklus II.

References

Arend, Richard I. 2008. Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, S. 2008. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

_______. 2009. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Borich, gary D and Choo Ong, Ai. 2006. Teaching Strategies That Promote Thinking, Model and Curriculum Approaches. McGraw-Hill: Education Asia.

Haryono, Eko. 2001. Peningkatan Kualitas pembelajaran Fisika SLTP Berdasarkan Model Penemuan Terbimbing (Guided Discovery). Tesis. Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Unesa.

Hamalik, Oemar. 1993. Strategi belajar mengajar. Bandung: Mandar Maju.

Handayani, Sri. 2009. Fisika Untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Joice, Weil. 1992. Models of Teaching fifth edition. A Simon & Schuster Company, Printed in the United States of America.

Jamal, A. M. 2009. Pengembangan Teknik Pemodelan Fisika Melalui Pengajaran Langsung pada Perkuliahan Fisika Dasar. Tesis. Tidak Dipublkasikan. Surabaya: Unesa.

Kanginan, Marthen. 2007. Fisika untuk SMA kelas X Semester 2. Jakarta: Erlangga

Nur, M. 2008. Pembelajaran Kooperatif edisi 2. Surabaya: Unesa.

Nur, M. 2008. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran edisi 3. Surabaya: Unesa

Published

2019-08-05

How to Cite

Suyono, S. (2019). Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 86–91. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.299

Issue

Section

Artikel