Pengembangan Puzzle Trigonometri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Liya Nur Laili Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Munika Saras Wati
  • Sekar Ayu Ramadhianti
  • Singgih Subiyantoro Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.324

Keywords:

matematika, motivasi belajar, pemahaman, puzzle trigonometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa alat peraga Puzzle Trigonometri yang layak dan tepat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa kelas X Sekolah Menengah Atas pada pembelajaran matematika.. Prosedur penelitian dan pengembangan ini menggunakan ADDIE yaitu Analisis, menganalisis kebutuhan, materi dan peserta didik. Design, membuat rancangan media berupa gambar rencana alat peraga yang akan dibuat. Development, mengembangkan alat peraga ini dengan produksi lebih banyak. Implementasi, uji coba produk oleh ahli media dan ahli materi, serta uji coba pengguna oleh siswa dan guru. Evaluasi, dilakukan uji coba lapangan. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 SMA N 1 Weru, Sukoharjo. Data diambil menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan alat peraga Puzzle Trigonometri sebagai media pembelajaran layak digunakan, dan mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa pada materi trigonometri.

References

Fauziyatun, NurN. 2014. Faktor-Faktor Yang Melatarbelakangi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas Ix Smp Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. https://lib.unnes.ac.id/20086/1/1301409060.pdf.

NR Siregar. 2017. Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan

pada siswa yang menyenangi game.

http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/download/2193/1655.

Soleha. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA Vol 1. No 1. Page 24. http://jurnal.um- palembang.ac.id/kognisi/article/download/122/95.

Sugiyono dkk. 2014. Tanggapan Masyarakat Terhadap Implementasi Kurikulum 2013. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132296045/penelitian/tanggapan-masyarakat- terhadap-implementasi-kurikulum-2013.pdf.

Suarga. 2017. KERANGKA DASAR DAN LANDASAN PENGEMBANGAN

KURIKULUM 2013. Volume VI, Nomor 1. http://portalriset.uin- alauddin.ac.id/bo/upload/penelitian/penerbitan_jurnal/Suarga%20IP%2 02017%20Vol.1.pdf

Subiyantoro, Singgih dan Nugroho, AA. 2019. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.

Vol 3 No 3. http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/12

Fauziah, Amni , dkk. 2017 . Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. file:///C:/Users/DELL/Downloads/9594-23174-1-SM.pdf

Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf

Steffi, Adam dan Syastra, TM . 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. file:///C:/Users/DELL/Downloads/400-61-1008-1-10-20180307.pdf

Nurcikawati. 2018. Rancang Bangun Media Pembelajaran Trigonometri Berbasis Multimedia Interaktif. Vol 4 No 2 (2018). http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sosio/article/view/2766.

Published

2019-08-16

How to Cite

Laili, L. N., Wati, M. S., Ramadhianti, S. A., & Subiyantoro, S. (2019). Pengembangan Puzzle Trigonometri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 101–107. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.324

Issue

Section

Artikel