PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Windha Octafiana Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Madyo Ekosusilo Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Singgih Subiyantoro Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan multimedia interaktif yang layak dan tepat digunakan pada pembelajaran IPA khususnya Pesawat Sederhana kelas V Sekolah Dasar Negeri III Kudi Batuwarno Wonogiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development ( R & D ) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Model ini sesuai dengan namanya, terdiri dari lima fase atau tahap utama, yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan bahwa multimedia interaktif pada materi pesawat sederhana untuk siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri III Kudi Batuwarno Wonogiri telah selesai dilaksanakan. Pada Tahap ahli, ahli materi memberikan penilaian terhadap produk sebesar 3,37 (kategori Sangat baik). Penilaian oleh ahli media sebesar 3,10 (kategori Baik). Multimedia interaktif pada uji coba perorangan diperoleh skor sebanyak 3,30 (kategori sangat baik), uji coba kelompok kecil sebesar 3,50 (kategori sangat baik) dan hasil pemahaman siswa rata-rata Post Test kelompok kontrol 6,1 dan kelas eksperimen 8,8. Pada uji t dengan tingkat kemaknaan 0,05 yaitu terdapat perbedaan yang signifikan terhadap multimedia yang dikembangkan. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah produk multimedia interaktif yang dihasilkan sudah layak dan tepat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri III Kudi Batuwarno Wonogiri.

Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Pesawat Sederhana, Sekolah Dasar

References

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik (Panduan bagi Orangtua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP dan SMA). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Krismawati Yeni. 2013. Teori Perkembangan Erik H. Erikson dan Manfaatnya Bagi Tugas Pendidikan Kristen Dewasa Ini. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Agama Kristen. Vol.2, No.1.

Pandantoyo Huda. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Dinamika Penelitian. Vol.16, No.1.

Permana Erwin & Nourmavita Desy. Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 10, No.2.

Rohmat. 2009. Terapan Teori Teknologi Instruksional. Yogyakarta: Logung Pustaka

Sri riani. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Bioteknologi Moderen. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Vol.1, No.1.

Subiyantoro, S., & Ismail. (2017). DAMPAK LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) PADA PERFORMA AKADEMIK MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 2 (4)

Subiyantoro, S., & Mulyani, S. (2017). KEGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 92–100.

Sugihartono. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sutikno, M Sobry. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Winarno (2009). Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran, Jakarta: Genius Prima Media

Published

2018-07-31

How to Cite

Octafiana, W., Ekosusilo, M., & Subiyantoro, S. (2018). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 168–175. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.131

Issue

Section

Artikel