Pengembangan Puzzle Trigonometri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.324Keywords:
matematika, motivasi belajar, pemahaman, puzzle trigonometriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa alat peraga Puzzle Trigonometri yang layak dan tepat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa kelas X Sekolah Menengah Atas pada pembelajaran matematika.. Prosedur penelitian dan pengembangan ini menggunakan ADDIE yaitu Analisis, menganalisis kebutuhan, materi dan peserta didik. Design, membuat rancangan media berupa gambar rencana alat peraga yang akan dibuat. Development, mengembangkan alat peraga ini dengan produksi lebih banyak. Implementasi, uji coba produk oleh ahli media dan ahli materi, serta uji coba pengguna oleh siswa dan guru. Evaluasi, dilakukan uji coba lapangan. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 SMA N 1 Weru, Sukoharjo. Data diambil menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan alat peraga Puzzle Trigonometri sebagai media pembelajaran layak digunakan, dan mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa pada materi trigonometri.
Downloads
References
Fauziyatun, NurN. 2014. Faktor-Faktor Yang Melatarbelakangi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas Ix Smp Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. https://lib.unnes.ac.id/20086/1/1301409060.pdf.
NR Siregar. 2017. Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan
pada siswa yang menyenangi game.
http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/download/2193/1655.
Soleha. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA Vol 1. No 1. Page 24. http://jurnal.um- palembang.ac.id/kognisi/article/download/122/95.
Sugiyono dkk. 2014. Tanggapan Masyarakat Terhadap Implementasi Kurikulum 2013. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132296045/penelitian/tanggapan-masyarakat- terhadap-implementasi-kurikulum-2013.pdf.
Suarga. 2017. KERANGKA DASAR DAN LANDASAN PENGEMBANGAN
KURIKULUM 2013. Volume VI, Nomor 1. http://portalriset.uin- alauddin.ac.id/bo/upload/penelitian/penerbitan_jurnal/Suarga%20IP%2 02017%20Vol.1.pdf
Subiyantoro, Singgih dan Nugroho, AA. 2019. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.
Vol 3 No 3. http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/12
Fauziah, Amni , dkk. 2017 . Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. file:///C:/Users/DELL/Downloads/9594-23174-1-SM.pdf
Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf
Steffi, Adam dan Syastra, TM . 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. file:///C:/Users/DELL/Downloads/400-61-1008-1-10-20180307.pdf
Nurcikawati. 2018. Rancang Bangun Media Pembelajaran Trigonometri Berbasis Multimedia Interaktif. Vol 4 No 2 (2018). http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sosio/article/view/2766.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.