PENGEMBANGAN SOFTSKILL MAHASISWA CALON GURU MELALUI PEMBERDAYAAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS PASUNDAN

Authors

  • Cartono Cartono
  • Ida Yayu N. Hizqiyah
  • Fitri Aryanti

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.66

Abstract

Soft skills merupakan bagian keterampilan dari seseorang yang lebih bersifat pada kehalusan atau sensitifitas perasaan seseorang terhadap lingkungan di sekitarnya  Soft skills menjadi suatu hal yang sangat penting karena kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skills) saja, tetapi yang lebih utama didukung oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skills). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kegiatan UKM dan kegiatan perkuliahan dalam aktivitas presentasi yang berkaitan dengan pengembangan soft skills mahasiswa calon guru. Metode penelitian ini  merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kerja Unit Kegiatan Mahasiswa dan proses perkuliahan pada aktivitas diskusi mahasiswa mulai menerapkan aspek-aspek soft skills. Aspek soft skills yang dijaring terdiri dari beberapa aspek yaitu kemampuan berkomunikasi, kemampuan berfikir atau bernalar, kemampuan menyelesaikan masalah, kerjasama tim, etika/moral dan keterampilan kepemimpinan.

Keywords: Soft Skills, Unit Kegiatan Mahasiswa

References

Aly, Abdullah. (2017). Pengembangan Pembelajaran Karakter Berbasis Soft Skills Di Perguruan Tinggi. Ishraqi. Volume 1 No. 1. ISSN: 1412-5722. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Cahyono, Didik. (2012). Guru Abad 21. Diakses dari laman web tanggal 5 Februari 2016 dari https://areknerut.wordpress.com/2012/12/20/guru-abad-21-2/

Dahar, R.W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Herizon dan Wirda. F. (2012). Pengembangan Soft Skills Melalui Pendekatan Student Centre Learning Di Perguruan Tinggi. POLI BISNIS Vol 4, No 2 (2012) halaman. 101-112Ikhsania.

Anisa Amalia. (2013). Mahasiswa dan Organisasi. Diakses dari laman web tanggal 4 Februari 2016 dari : http://www.kompasiana.com

Rahayu. E.L. ( 2013). Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Diakses dari laman web tanggal 6 Februari 2016 dari http:// eprints.uny.ac.id18188/4/4

Rao. M.S. (2015). Step By Step To Soft-Skills Training : How To Enhance Employability Skills In Students. Human Resource Management International Digest, Vol. 23 Issue: 6, pp.34-36, https://doi.org/10.1108/HRMID-06-2015-0099

Rismansyah, Lukman. (2015). Perananan Soft skills Bagi Mahasiswa Yang Akan Bekerja Maupun Membuat Lapangan Pekerjaan Diakses dari laman web tanggal 6 Maret 2017 dari: http://characterbuildinglukman.blogspot.co.id/2015/05/perananan-soft-skills-bagi-mahasiswa.html

Setiawan, Budi., Supriyono. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Dengan Powerpoint dan Wondershare Untuk Pengembangan Soft Skills Siswa bagi Guru SMP. Jurnal Ilmiah Saintikom, Sain dan computer ISSN : 1978-6603

Suharyanti, C. Murtini, W. Susilowati, W. (2015). Pengaruh Proses Pembelajaran dan Program Kerja Praktek Terhadap Pengembangan Soft Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Vol 4, No 1.

Sulaiman, M. (2015). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Presentasi. Diakses dari laman web tanggal 5 Februari 2017 dari : https://prezi.com/xpqm1icwlfu8/meningkatkan-keterampilanbebicara-melalui-metode- presentasi/

Syachruddin, A. R. (2016). Evaluasi Pendidikan Dan Pengajaran Melalui Pemantauan Proses Perkuliahan Pada FKIP Unram. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 21 No. 2.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah (berbasis integrasi). Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Published

2018-01-31

How to Cite

Cartono, C., Hizqiyah, I. Y. N., & Aryanti, F. (2018). PENGEMBANGAN SOFTSKILL MAHASISWA CALON GURU MELALUI PEMBERDAYAAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS PASUNDAN. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 69–76. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.66

Issue

Section

Artikel