IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH DASAR SABBIHISMA PADANG

Authors

  • Muhammad Danil

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.68

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pandangan yang menganggap bahwa pelaksanaan full day school yang direncanakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, akan melahirkan rasa jenuh dan hilangnya waktu bermain anak di rumah. Untuk itu, penelitian ini menganalisa pelaksanaan full day school pada salah satu sekolah dasar di kota Padang, yakni SD Sabbihisma, sebagai upaya memperkenalkan keefesienan program  full day school bagi anak-anak sekolah dasar. Melalui metode penelitian deskripitif kualitatif dan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Maka, hasil penelitian ini menemukan bahwa implementasi full day school yang dilaksanakan oleh SD Sabbihisma mampu memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan anak terutama dalam penanaman nilai-nilai karakter karena didukung oleh berbagai kegiatan dan suasana lingkungan sekolah yang menyenangkan, kekeluargaan dan kemandirian sehingga membuat siswa tidak merasa jenuh dan waktu bermain anak pun tetap terawasi oleh guru.

References

Baharuddin. 2010. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Dionisios Loukeris, et al. 2009. Aspect of the Effectiveness of the Greek Holoimero (’All Day’) Primary School. Mediteranean Journal of Educational Studies. Vol. 14 (2), pp. 161-174. Diakses dari http://www.um.edu.mt/__data/assets/pdf_file/0011/89849/09__2_karabatzaki-syriou.pdf pada tanggal 11 Januari 2017 pukul 15.04 WIB.

Khusnul Mufidati. 2013. Full Day School dan Terpadu. Tesis. Surabaya: Program Studi Pendidikan Islam Program Pascasarjana STAIN Tulungagung.

Muhadjir Effendi. Full day school tak berarti belajar seharian di sekolah. http://nasional.kompas.com/read/2016/08/09/08530471/.full.day.school.tak.berarti.belajar.seharian.di.sekolah.ini.penjelasan.mendikbud (diakses pada tanggal 9 Januari 2017)

Muhadjir Effendi. Alasan usulan full day school. http://edukasi.kompas.com/read/2016/08/08/12462061/ini.alasan.mendikbud.usulkan.full.day.school (diakses pada tanggal 9 Januari 2017)

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: DIKTI.

Sukur Basuki, Harus Proporsional sesuai Jenis dan Jenjang Sekolah,(http://www.strkN1lmj.sch. id/?diakses tanggal 9 Januari 2017 )

Syamsu Yusuf. 2007. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wiwik Sulistyaningsih. 2008. Fullday School Dan Optimalisasi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Paradigma indonesia.

Published

2018-01-31

How to Cite

Danil, M. (2018). IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH DASAR SABBIHISMA PADANG. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 86–92. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.68

Issue

Section

Artikel