MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

Authors

  • Ifa Roselina Zakiah
  • Krisdianto Hadi Prasetyo
  • Erika Laras Astutiningtyas

DOI:

https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.362

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas  X MIPA 3 SMA Negeri 1 Bulu Sukoharjo sebanyak 28 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan kelas ini meliputi dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat membantu mengatasi masalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Bulu Sukoharjo Tahun Ajaran 2018/2019 bisa mencapai tingkat keberhasilan persentase aktivitas belajar siklus I sebesar 43% kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 89%. Nilai rata-rata kelas dari pra siklus 55,60 dengan 5 siswa tuntas, naik menjadi 13 siswa dengan rata-rata 67,67 di siklus I, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 24 siswa dengan rata-rata 75,35. Sedangkan untuk persentase hasil belajar siswa dari pra siklus 17,86% meningkat pada siklus I menjadi 46,43% selanjutnya meningkat lagi pada siklus II menjadi 86%.

Kata kunci: Make A Match; aktivitas; hasil belajar

References

Astutiningtyas, E.L; Andhika, A.W; dan Farahsanti, I. 2017. Etnomatematika Dan Pemecahan Masalah Kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara Volume 3 Nomor 2, Nopember 2017.

Exacta, Annisa P; Djatmiko Hidajat. 2017. Tingkat Kecemasan Mahasiswa Menjelang Ujian Akhir Semester. Jurnal Edudikara, Vol 2 (3); p.243-250, September 2017 ISSN 2541-0261

Febriana, Ayu. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar Vol 1, No2, Februari 2011. Hal. 153-154.

Hanik, N.R dan Sri Harsono. 2016. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan Melalui Model Pembelajaran Komparasi Yang Berbasis Lesson Study. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 7 No. 2, Hal. 25-31.

Hanik, N.R; Sri Harsono; dan Nugroho, A.A. 2018. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dengan Metode Observasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Ekologi Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 9 No. 2, Hal. 127-138.

Herawati, Eti. 2017. Upaya Meningkatkan Motivasidan Hasil Belajar Siswa menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya Dan Bentuk Akar Kelas IX SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Maret 2017 Vol.1, No. 1, Hal.66-87.

Hidajat, D; Susilowati, D; dan Wijayanti, M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 3 Grogol Sukoharjo. Jurnal Math Educator Nusantara Volume 01 Nomor 02, Nopember 2015, Hal.196.

Mikran; Marungkil Pasaribu; dan I Wayan Darmadi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini Pada Konsep Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) Vol. 2 No. 2 ISSN 2338 3240

Mufidah, L; Dzulkifli Effendi; dan Purwanti,T.T. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol.1, No.1, April 2013, Hal.188.

Rahmawati, Oktavia Dwi. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas V Di Sekolah Dasar. JPGSD. Volume 03 Nomor 02 Tahun 2015

Riyanto, Yatim. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet.Ke-3. Surabaya: SIC.

Sani, R.A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sirait, M; dan Putri, A.N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal INPAFI Volume 1, Nomor 3. Hal. 252-259.

Supriyanto, B. 2014. Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Lingkarandi Sdn Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 2, Mei 2014, Hal 165-174.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Triwijiyanto, T. 2015. Menejemen Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Published

2019-11-30

How to Cite

Zakiah, I. R., Prasetyo, K. H., & Astutiningtyas, E. L. (2019). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH. Absis: Mathematics Education Journal, 1(2), 41–48. https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.362