MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH
DOI:
https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.362Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Bulu Sukoharjo sebanyak 28 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan kelas ini meliputi dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat membantu mengatasi masalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Bulu Sukoharjo Tahun Ajaran 2018/2019 bisa mencapai tingkat keberhasilan persentase aktivitas belajar siklus I sebesar 43% kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 89%. Nilai rata-rata kelas dari pra siklus 55,60 dengan 5 siswa tuntas, naik menjadi 13 siswa dengan rata-rata 67,67 di siklus I, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 24 siswa dengan rata-rata 75,35. Sedangkan untuk persentase hasil belajar siswa dari pra siklus 17,86% meningkat pada siklus I menjadi 46,43% selanjutnya meningkat lagi pada siklus II menjadi 86%.
Kata kunci: Make A Match; aktivitas; hasil belajarDownloads
References
Astutiningtyas, E.L; Andhika, A.W; dan Farahsanti, I. 2017. Etnomatematika Dan Pemecahan Masalah Kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara Volume 3 Nomor 2, Nopember 2017.
Exacta, Annisa P; Djatmiko Hidajat. 2017. Tingkat Kecemasan Mahasiswa Menjelang Ujian Akhir Semester. Jurnal Edudikara, Vol 2 (3); p.243-250, September 2017 ISSN 2541-0261
Febriana, Ayu. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar Vol 1, No2, Februari 2011. Hal. 153-154.
Hanik, N.R dan Sri Harsono. 2016. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan Melalui Model Pembelajaran Komparasi Yang Berbasis Lesson Study. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 7 No. 2, Hal. 25-31.
Hanik, N.R; Sri Harsono; dan Nugroho, A.A. 2018. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dengan Metode Observasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Ekologi Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 9 No. 2, Hal. 127-138.
Herawati, Eti. 2017. Upaya Meningkatkan Motivasidan Hasil Belajar Siswa menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya Dan Bentuk Akar Kelas IX SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Maret 2017 Vol.1, No. 1, Hal.66-87.
Hidajat, D; Susilowati, D; dan Wijayanti, M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 3 Grogol Sukoharjo. Jurnal Math Educator Nusantara Volume 01 Nomor 02, Nopember 2015, Hal.196.
Mikran; Marungkil Pasaribu; dan I Wayan Darmadi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini Pada Konsep Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) Vol. 2 No. 2 ISSN 2338 3240
Mufidah, L; Dzulkifli Effendi; dan Purwanti,T.T. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol.1, No.1, April 2013, Hal.188.
Rahmawati, Oktavia Dwi. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas V Di Sekolah Dasar. JPGSD. Volume 03 Nomor 02 Tahun 2015
Riyanto, Yatim. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet.Ke-3. Surabaya: SIC.
Sani, R.A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sirait, M; dan Putri, A.N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal INPAFI Volume 1, Nomor 3. Hal. 252-259.
Supriyanto, B. 2014. Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Lingkarandi Sdn Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 2, Mei 2014, Hal 165-174.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Triwijiyanto, T. 2015. Menejemen Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Absis: Mathematics Education Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.