PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK HERBAL DI KABUPATEN SUKOHARJO

Authors

  • Rosita Dewati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Wahyu Adhi Saputro Fakultas Sains dan Teknologi, Prodi Agribisnis, Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/ags.v4i2.889

Abstract

Produk herbal sebenarnya telah lama dikenal dan digunakan oleh masyarakat luas. Mulai dari jamu tradisional, jamu dalam kemasan, madu, sumplemen, vitamin, hingga berbagai jenis obat-obatan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Timbulnya berbagai macam penyakit hingga pandemi Covid-19 ini membuat masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan diri sendiri maupun keluarga dan lingkungan sekitarnya. Anjuran Kementerian Kesehatan mengenai memanfaatkan produk herbal di masa pandemi untuk menjaga stamina tubuh  semakin mendorong keinginan masyarakat untuk mengkonsumsi produk herbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor atau alasan konsumen membeli produk herbal di Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan data primer. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan metode purposive sampling sebanyak 104 responden. Instrumen penelitian diuji menggunakan Uji reliabilitas dan validitas. Hasil penelitian di analisis secara deskriptif dan dilakukan uji kecenderungan. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrument penelitian valid dan reliable untuk digunakan dalam penelitian. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, mayoritas responden berada pada kategori baik. Artinya, 9 variabel dalam penelitian mampu menentukan persepsi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk herbal di Kabupaten Sukoharjo. Pengambilan keputusan pembelian produk herbal dipengaruhi oleh label halal, harga produk, rasa, khasiat, kemudahan memperoleh, kedekatan dengan penjual, informasi dalam brosur, informasi dari teman, dan konsep back to nature.

Kata kunci: Herbal, Pengambilan Keputusan, Persepsi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, R. S., Aryani, F., Pratiwi, E., & Agustini, T. T. (2019). Persepsi Masyarakat Mengenai Obat Tradisional di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Penelitian Farmasi Indonesia, 8(2), 75–79.

Gozhali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ismail, I. (2015). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Memilih Obat Tradisional Di Gampong Lam Ujong. Idea Nursing Journal, 6(1), 7–14.

Ismarani. (2013). Kajian Persepsi Konsumen Terhadap Penggunaan Obat Herbal ( Kasus Di Unisma Bekasi). CEFARS; Jurnal Agribisnis Dan Pengembangan Wilayah, 4(2), 52–63.

Kementerian Kesehatan. (2012). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 006 Tahun 2012 (Vol. 66, Issue 2).

Kementerian Kesehatan. (2020). Kemenkes Sarankan Masyarakat Manfaatkan Obat Tradisional. http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20200521/4433937/kemenkes-sarankan-masyarakat-manfaatkan-obat-tradisional/

Marwati, M., & Amidi, A. (2019). Pengaruh Budaya, Persepsi, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Obat Herbal. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 168. https://doi.org/10.32502/jimn.v7i2.1567

Maryani, H., Kristiana, L., & Lestari, W. (2017). Faktor Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Jamu Saintifik. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 19(3). https://doi.org/10.22435/hsr.v19i3.6327.200-210

Setyawan, A., Sandi, P., & Rahmawanto, D. (2011). Persepsi Label Halal. Jurnal Manajemen Bisnis, 1(2), 135–143.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-12-03

How to Cite

Dewati, R., & Saputro, W. A. (2020). PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK HERBAL DI KABUPATEN SUKOHARJO. Agrisaintifika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 4(2), 144–152. https://doi.org/10.32585/ags.v4i2.889