Kefektifan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Model Learning Cycle 7e Untuk Kelas V

Authors

  • Fembriani Fembriani
  • Nela Rofisian

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v1i2.136

Abstract

Proses pembelajaran dalam KTSP memerlukan pengembangan bahan ajar. Observasi yang peneliti lakukan di kelas V pada lima sekolah dasar, 80% guru tidak membuat bahan ajar sendiri, 60% SD masih menggunakan bahan ajar teacher center, dan 50% belum mengembangkan bahan ajar active learning. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp dengan tujuan untuk memperoleh bahan ajar yang efektif. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SD Negeri Grujugan sebagai kelas eskperimen, dan SD Negeri Kritig sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda dua rata-rata dan uji N-gain. Hasil Penelitian menunjukan implementasi bahan ajar terbukti efektif karena setelah diberi perlakuan menggunakan model learning cycle 7E terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan ekperimen dengan nilai signifikansi 0,02 < 0,05 dan peningkatan hasil N-gain kelas eksperimen sebesar 0,62 yang menunjukan kriteria sedang. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar IPA model learning cycle 7E adalah efektif.

 

Kata Kunci: Keefektifan, learning cycle 7E, Bahan Ajar IPA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Brookfield, S. D. 2012. Teaching For Critical Thinking. Amerika: Jossey-Bass.

Cardak O, Dikmenli M, & Saritas O. 2013. Effect Of 5e Instructional Model In Student Success In Primary School 6 Th Year Circulatory System Topic. Journal Asia Pasific Forum on Science Learning and Teaching, 9(13).

Che, S. F. 2002. Teaching Critical Thinking Skills in a Hong Kong Secondary School. Journal Asia Pasific Education Review. 3(1).

Ergin I, Kanli U, Yasin U. 2008. An Example for Effect of 5E Model on the Academic Success and Attitude Levels of Student:”Inclined Projectile Motion”. Journal of Turkish Science Education.5 (3).

Hamdani, M.A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka setia.

Hanuscin, D. L. & Lee, M.H. 2008. Using the Learning Cycle as a Model for Teaching the Learning cycle to Preservice Elementary Teachers. Journal of Elementary Science Education, 20 (2).

Indriyani, I.R. 2013. Pengembangan LKS Fisika Berbasis Siklus Belajar (Learning Cycle) 7E untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa SMA Kelas X Pokok Bahasan Elektromagnetik. FIP Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Jufri, A W. 2013. Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Marek, E.A. 2008. Why the Learning cycle. Journal of Elementary Science Education, 20 (3).

Marek E.A, Maier S.J, & Micam F. 2008. Assesing Understanding of the Learning Cycle: The ULC. Journal Science Teacher Education, 19 (375-389).

Meltzer, D.E. 2002. The Relationship between mathemathic preparation and conceptual learning gain in physics: a possible “hidden variabel” in diagnostic pretest scores. American Journal Physics. Vol. 12. No. 70.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran . Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Qarareh, A.O. 2012. The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of the Sixth Graders. International Journal of Science Education. 4 (123-132).

Putra, S.R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jakarta Diva Press.

Plomp, T & Nieveen, N. 2007. An Introduction to Educational Design Research. Netherland: Netzodruk,enschede.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grapindo Perada.

Sani, R.A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Snyder, M. J & Snyder, L. G. 2008. Teaching Critical Thinking and Problem solving Skill. The Delta Pi Epsilon Journal. 1 (2).

Schneider, V. 2002. Critical Thinking in the Elementary Classroom: Problem and Solutions. Educator Publising Service. EPS book.

Sudijono, A. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiantara, Pt., Kusmariyatni, Nym., & Marguyasa. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di gugus VII Kecamatan Buleleng. PGSD FIP. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Waswa, P & Felicia, O. 2013.Enhancing Student’ Achievement in Chemistry through the Piagentian Model The Learning Cycle. Journal for Cross-Discipilinary Subject in Education (IJCDSE), 4 (4).

Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2018-09-06

Issue

Section

Artikel