Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar Melalui Team Games Tournament

Authors

  • Sri Sulasmi

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v1i2.137

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan metode Cooperatif Learning tipe team games tournament (TGT). Penelitian dilakukan di kelas V yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Analisis data berupa data kuantitatif menggunakan analisis data persentase dan rata-rata nilai tes evaluasi. Instrument untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah lembar observasi serta lembar evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika pada akhir siklus II. Pada pra-siklus, terdapat 11 siswa (73%) yang mendapat nilai di bawah KKM dan 4 siswa (27%) mendapat nilai di atas KKM. Rata-rata hasil belajar adalah 51,18. Setelah dilakukan tindakan melalui dua siklus, ketuntasan siswa meningkat sebanyak 13 siswa (86%) telah mencapai KKM sedangkan siswa yang nilainya dibawah KKM menjadi 2 siswa atau hanya 14%, sedangkan nilai rata-rata juga meningkat menjadi 88,18. Dari hasil tes evaluasi siklus II diketahui bahwa indikator kinerja penelitian telah tercapai dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperatif Learning tipe team games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika.

 

Kata Kunci: Metode Cooperatif Learning tipe Team Games Tournament (TGT), Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiansyah, Dasim. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian. Bandung: Genesindo.

Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Idris & Marno. 2008. Strategi & Metode Pengajaran. Jogjakarta : Ar-Ruzzmedia.

Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slavin, R. E. 2010. Cooperative Learning: Teory, Riset, dan Praktek. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2010. Metode Peneltian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Published

2018-09-06

Issue

Section

Artikel