Analisis Wawasan Kebangsaan Melalui Buku Teks Kelas Rendah Sekolah Dasar Kurikulum Tematik 2013

Authors

  • Taufik Muhtarom PGSD FKIP Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v1i2.138

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan muatan nilai-nilai wawasan kebangsaan pada buku teks siswa kelas SD kelas rendah Kurikulum 2013 pada bagian wacana, petunjuk kerja, tagihan kerja, dan evaluasi. Data diperoleh dengan menggunakan teknik kajian isi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif berupa study literature. Langkah yang dilakukan dalam penelitian adalah dengan menganalisis konten buku teks tematik siswa SD kelas rendah Kurikulum 2013. Adapun analisis datanya menggunakan analisis deskriptif-interpretatif melewati proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam aspek dari nilai wawasan kebangsaan yang tercakup dalam buku teks tematik siswa kelas rendah sekolah dasar di antaranya adalah aspek Kesetiakawanan Sosial dengan rincian sebanyak 23%, aspek Demokrasi dan Kedaulatan Rakyat sejumlah 11%, Cinta Tanah Air dengan persentase 19%, aspek Penghargaan terhadap Harkat dan Martabat Manusia sebagai Makhluk Ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa sebanyak 17%, aspek Tekad Bersama untuk Berkehidupan Kebangsaan yang Bebas, Merdeka dan Bersatu sebanyak 17%, aspek serta aspek Masyarakat Adil dan Makmur dengan persentase 14%. Keenam aspek tersebut diajarkan melalui  pembiasaan sikap dalam setiap aktivitas belajar baik sebelum, saat, maupun setelah pembelajaran di kelas, penanaman sikap melalui cerita dan muatan materi, pengenalan simbol dan maknanya, dan melalui pengenalan produk budaya dan keragaman bangsa, pemberian kebebasan dalam berpendapat.

 

Kata Kunci: Wawasan Kebangsaan, Buku Teks, Tematik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aim Abdulkarim. 2007. Analisis Isi Buku Teks dan Implikasinya dalam Memberdayakan Keterampilan Berpikir Siswa SMA. Forum Kependidikan. Vol. 26, No. 2, Maret 2007.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Peningkatan Pembelajaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Anwar Novianto. 2015. Analisis Muatan Buku Teks Tematik Integratif, Scienttific Approach, dan Authentic Assesment Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Volume 45, Nomor 1, Mei 2015, Halaman 1-15.

Chamim, dkk. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dasim Budimansyah. 2010. Tantangan Globalisasi terhadap Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 11, Nomor 1, April 2010.

Donald, Emmerson. 2000. “Will Indonesia Survive?”dalam Foreign Affairs , May/June hlm. 95

Hidayatul Wakhidah. 2015. Analisis Kelayaka Buku Teks Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII Kurikulum 2013. Jurnal PPs Unimed dalam download.portalgaruda.org/article.php?...ANALISIS%20KELAYAKAN%20BUKU%

http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2016/02/160218_indonesia_radikalisme_anak_muda (diakses 19 Desember 2017 pukul 14.26)

http://www.republika.co.id/berita/koran/didaktika/14/12/15/ngm3g840-literasi-indonesia-sangat-rendah (diakses 27 Januari 2017 pukul 10.39 WIB)

https://www.komnasham.go.id/index.php/news/2017/01/16/276/pada-2016 intoleransi-meningkat.html (diakses pada 19 Desember 2017 pukul 14.47)

Lemhanas. 1995. Wawasan Nusantara. Jakarta: Penerbit Ismujati.

Loveridge, A.J. 1970. Preparing textbook manuscript: A Guide for author in developing countries. Paris: United Nation Educational and Cultural (UNESCO).

Muslich, M. 2010. Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

M. Anwar Rubei & Dwi Utami. 2018. Penanaman Sila Ketuhanan yang Maha Esa pada Mata Pelajaran PPKN Kelas XI SMA N 1 Toho Kabupaten Mempawah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 2, Nomor 1, Juni Tahun 2018. (dionlinekan pada http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:zbcO8sQMn-AJ:journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/download/309-318/677+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-ab)

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers.

Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, HG dan Tarigan, D. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Published

2018-09-06

Issue

Section

Artikel