Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Jawa Melalui Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII

Authors

  • Tumiyem Tumiyem SMP Negeri 2 Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v1i2.139

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Jawa siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIII I semester I SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai November 2016 di SMP Negeri 2 Sukoharjo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII I sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan   teknik   dokumentasi, observasi, dan  tes tertulis.  Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir  soal tes, dan dokumen  daftar  nilai. Analisis data  menggunakan  analisis deskriptif  komparatif  yang dilanjutkan  refleksi. Setiap  siklus terdiri dari  empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar bahasa Jawa siswa, nilai rata-rata prestasi belajar bahasa Jawa siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 68,9, pada siklus I sebesar 73,6 dan pada siklus II sebesar 81,6. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 37,5%, siklus I sebesar 62,5% dan siklus II sebesar 93,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Penggunaan jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas VIII I semester I SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/ 2017 ”.

 

Kata kunci:   Prestasi Belajar Bahasa Jawa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, Richard I. 2008. Learning To Teaching. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Yrama Widia.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Basleman, Anisah dkk. 2011. Teori Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Budiono, Santoso. 2008. Pembelajaran Cooperatif Tipe Jigsaw dapat Meningkatkan Keefektifan Proses Belajar Mengajar Fisika Di SMP N 5 Karanganyar.

Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta

Lie, Anita. 2002. Mempraktekkan Cooperative Learning Diruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Purwanto, M. Ngalim 2009. Pinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Jaya.

Robert Bogdandan Steven J. Taylor, 1993. Kualitatif Dasar-dasar Penelitian, Surabaya: Usaha Nasional.

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran. Bandung : Rajawali Press.

Slavin. 1985. Cooperative Learning Theory. Second Edition. Massachusetts : Allyn and Bacon Publisher.

Sujdana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya.

Winkel. W.S. 1997. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia

Published

2018-09-06

Issue

Section

Artikel