Peningkatkan Prestasi Matematika Pada Siswa KelasVIII dengan Student Teams-Achievement Division

Authors

  • Agung Cahyo Hartono

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v1i2.141

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika materi Lingkaran melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siwa kelas VIII G SMP Negeri 2 Sukoharjo semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian  ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus melalui 4 tahapan yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Sukoharjo semester genap tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika materi lingkaran pada kelas VIII G di SMP Negeri 2 Sukoharjo semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 64,19, pada siklus I sebesar 73,6 dan pada siklus II sebesar 81,2. Selain itu, jumlah siswa yang mencapai dan melampaui nilai KKM  (KKM=75) dari kondisi awal yang tuntas hanya 8 siswa(25%) meningkat menjadi 15 siswa(46,875%) pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 29 siswa (90,625%) pada siklus II , dan sudah melebihi target minimal (80%).

Kata kunci :   Model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), Prestasi Belajar Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M, 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Stahl, R.J. 1994. Cooperative Learning in Social Studies : A Handbook for Teacher. USA : Addison Wesley Publishing Company, Inc

Slavin, R. 2005.Cooperative Learning.Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algensido.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

UU.2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat (1).http//www.bing.com.diakses Pada Tanggal 5 Maret 2015 pukul 15.00

Published

2018-09-06

Issue

Section

Artikel