Peningkatan Prestasi Bahasa Jawa Melalui Model Pembelajaran Aktif Course review horay (CRH)

Authors

  • suparmi suparmi

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v1i2.143

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Jawa siswa melalui model pembelajaran aktif CRH pada siswa kelas IX B semester I SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Desember 2017 di SMP Negeri 2 Sukoharjo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX B sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan   teknik   dokumentasi, observasi, dan  tes tertulis.  Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir  soal tes, dan dokumen  daftar  nilai. Analisis data  menggunakan  analisis deskriptif  komparatif  yang dilanjutkan  refleksi. Setiap  siklus terdiri dari  empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar bahasa Jawa siswa, nilai rata-rata prestasi belajar bahasa Jawa siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 68,3, pada siklus I sebesar 75,9 dan pada siklus II sebesar 82,9. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 34,4%, siklus I sebesar 56,25% dan siklus II sebesar 87,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran aktif CRH dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas IX B semester I SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/ 2018 ”.

Kata kunci:   Prestasi Belajar Bahasa Jawa, Model Pembelajaran Aktif CRH  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: RinekaCipta

Dani, Irfan. 2013. Model-model pembelajaran kooperatif. (http://pustaka.pandani.web.id/2013/10/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html diakses tanggal 30 November 2016 pukul 16.16 WIB)

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudiyana. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cakra books dan Bradelvi.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Warsono,Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Published

2018-09-06

Issue

Section

Artikel