MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BENTUK ALJABAR

Authors

  • Sri Kardana

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.183

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi Bentuk Aljabar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 4Tawangsari semester I tahun pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 4Tawangsari semester I tahun pelajaran 2016/ 2017 yang berjumah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 71,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70,0 mencapai ? 80%.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Bentuk aljabar siswa kelas VIII A SMP Negeri 4Tawangsari. Sebelum tindakan/prasiklus,hasil belajar siswa yang mencapai KKM 11 siswa atau 42,30%, pada siklus I, 18 siawa atau 69,23% dan pada siklus II, 22 siswa atau 84,61%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 66,6 setelah tindakan siklus I sebesar 71,10 dan setelah tindakan siklus II sebesar 73,4
Kata Kunci: Model pembelajaran make a match, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta.

Ayu Febriana. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang(Application Of Cooperative Learning Model Type Make A Match To Enhance Quality Of Learning Social). Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan DasarVol 1, No 2 (2011).

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Mikran Mikran, Marungkil Pasaribu, I Wayan Darmadi. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini pada Konsep Gerak. Jurnal Untad Vol 2, Bo 2 (2014).

Mustika Purnamasari, J. S. Sukardjo, Agung Nugroho C. S. 2013. Studi Komparasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Make A Match (MM) pada Materi Koloid terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan KimiaVol 2, No 1 (2013).

Nurlia Astika, Ngurah Ayu Nyoman M. 2012.Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A-Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian PembelajaranFisikaVol 3, No 2 (September2012).

Poerwodarminto.2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rudi Salam, Zunaira Zunaira, Risma Niswaty. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Membuat Dokumen Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match (Mencari Pasangan).Jurnal Office Vol 2, No 2 (Juli-Sept 2012).

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2019-04-05

Issue

Section

Artikel