PEMBELAJARAN BERMAIN MELALUI RANGSANGAN TINGGI DAN JARAK DITINJAU DARI KECEPATAN

Authors

  • Tri Sutrisno

DOI:

https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.186

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh pembelajaran lompat jauh menggunakan alat bantu tali dan lingkaran sebagai rangsangan tinggi dan jarak secara bertahap terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas IV dan V SD Negeri 3 Sidorejo Bendosari Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019. (2) Perbedaan pengaruh kecepatan tinggi dan rendah terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas IV dan V SD Negeri 3 Sidorejo Bendosari Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019. (3) Ada tidaknya interaksi antara penggunaan alat bantu dan kecepatan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas IV dan V SD Negeri 1 Kedungrejo Nguntoronadi Wonogiri tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa putra kelas IV dan V SD Negeri 3 Sidorejo Bendosari Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 20 orang. Dalam penelitian ini dilakukan penelitian populasi. Sampel yang digunakan adalah 10 siswa kategori kecepatan lari tinggi dan 10 siswa kategori kecepatan lari rendah. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Data yang dikumpulkan yaitu kecepatan lari dengan lari 40 m, dan kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA 2 X 2 dan uji Newman Keuls. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran lompat jauh menggunakan alat bantu tali dan lingkaran sebagai rangsangan tiggi dan jarak bertahap terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas IV dan V SD Negeri 3 Sidorejo Bendosari Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019. (2) Ada perbedaan yang signifikan antara siswa kecepatan lari tinggi dan kecepatan lari rendah terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas IV dan V SD Negeri 3 Sidorejo Bendosari Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019. (3) Ada interaksi antara penggunaan alat bantu dan kecepatan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas IV dan V SD Negeri 3 Sidorejo Bendosari Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci : alat bantu, kecepatan, lompat jauh

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Hamidsyah Noer. 1996. Ilmu Kepelatihan Lanjut. Surakarta: UNS Press.

Aip Syarifuddin. 1992. Atletik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Barry L. Johnson dan Jack K. Nelson 1986. Practical Measurement For Evaluation Pysical Education. Minesota USA: Publishing Company.

Depdiknas. 2007/2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Jamsni, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Depdiknas.

H.J. Gino, Suwarni, Suripto, Maryanto dan Sutijan. 1998. Belajar dan Pembelajaran II. Surakarta: UNS Press.

Jess Jarver. 1999. Belajar dan Berlatih Atletik. Alih Bahasa. BE. Handoko. Bandung: Pioner Jaya.

Jonath U., Haag E., & Krempel R. 1987. Atletik I. Alih Bahasa Suparno. Jakarta: PT. Rosda Jaya Putra.

Mochamad Djumidar A. Widya. 2004. Belajar Berlatih Gerak-Gerak Dasar Atletik dalam Bermain. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

M. Sajoto. 1995. Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang: IKIP Semarang Press.

Rusli Lutan. 1988. Belajar Ketrampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Depdikbud. Dirjendikti.

Sudjana. 1994. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjarwo. 1993. Ilmu Kepelatihan Dasar. Surakarta: UNS Press.

Sugiyanto. 1995. Metodologi Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Suharno HP. 1993. Metodologi Pelatihan. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Sukintaka. 2004. Teori Pendidikan Jasmani Filosofi Pembelajaran dan Masa Depan. Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia.

Tamsir Riyadi. 1985. Petunjuk Atletik. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Yoyo Bahagia, Ucup Yusuf dan Adang Suherman. 1999/2000. Atletik. Depdikbud. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SMP Setara DIII.

Published

2019-04-05

Issue

Section

Artikel