HAMBATAN PEMBELAJARAN SISWA KELAS II PADA MUATAN MATEMATIKA SELAMA MASA PANDEMI

Authors

  • Iis Mustika Siwi UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA
  • Ema Butsi Prihastari

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v5i1.2185

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hambatan yang terjadi dalam pembelajaran muatan matematika selama masa pandemic dan memberi solusi atas hambatan yang terjadi pada siswa kelas II SD Negeri 1 Kapungan. Bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan memahami materi pembelajaran, kurangnya pemahaman siswa dalam mengoperasikan handphone, ada yang tidak memiliki handphone, kuota, bahkan ada yang terlambat mengumpulkan tugas. Solusinya, guru bagi siswa yang memiliki handphone canggih mengabari temannya yang lain untuk mengerjakan tugas dan mengumpulkan bersama. Orangtua harus memberikan fasilitas yang diperlukan untuk kelancaran proses pembelajaran selama masa pandemi. Perlu diadakan pertemuan orangtua siswa untuk membahas pembelajaran yang akan dilaksanakan selama masa pandemi. Melaksanakan pembelajaran dengan model konsultasi belajar terbatas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hambatan dalam pembelajaran muatan matematika dapat diketahui dan ditemukan solusinya.

Kata kunci: Hambatan, pembelajaran matematika, solusi mengatasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Artikel