UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI CARDSORT

Authors

  • Warsini Warsini SD Negeri Sukoharjo 01

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v5i1.2222

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:Meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar  siswa kelas I SDN Sukoharjo 01 Semester II Tahun pelajaran 2018/2019 melalui strategi Cardsort. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di kelas I SDN Sukoharjo 01 Semester II Tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan selama 5 bulan yaitu pada bulan Februari sampai bulan Juni 2019. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Tehnik Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan tehnik observasi yang menggunakan beberapa cara yaitu: dokumentasi, tes dan observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut: Melalui pembelajaran strategi Cardsort dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar  pada siswa kelas I SDN Sukoharjo 01 Semester II Tahun pelajaran 2018/2019. Peningkatan dari kondisi awal ke siklus II, nilai rata-rata hasil belajar siswa kondisi awal 66 menjadi  83 meningkat sebanyak 13.  Persentase tuntas belajar klasikal pada kondisi awal 60% menjadi 100% meningkat sebanyak 40%

.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Bangun Datar,  Strategi Cardsort

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan untuk Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media.

Baharudi dan Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Depdiknas. 2006. Permen No. 22 Tahun 2006 tentang Standart Isi. Jakarta.

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperativ Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Sutikno, Sobry . 2007. Menggagas Pembelajran Efektif dan Bermakna. Bandung: NTP Press.

Yatim Rianto. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yasin. A. Fatah ,2008. Dimensi-dimensi Pendidikan Islam , Malang: UIN PRESS,

Ketut Sanjaya dkk . 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha PGSD Vol: 6 No: 3

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Artikel