IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE PADA MATAPELAJARAN SCIENCE di SD AL-MUKHLISUN
DOI:
https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v5i2.2490Keywords:
Kurikulum Cambridge, Matapelajaran ScienceAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum Cambridge pada pelajaran sains. Metode penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Alat yang digunakan untuk mengambil data yaitu dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian bahwa diawal pembelajaran sekolahan melakukan sosialisasi kepada guru terkait dengan penerapan kurikulum cambridge yang bertujuan supaya guru lebih siap dalam menyiapkan semua perangkat yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Untuk perencanaan pembelajaran yang digunakan oleh guru science sudah baik dimana guru sudah menyiapkan frame work (silabus) dan lesson plan (RPP) serta sekolahan sudah menyiapkan sumber belajar yang diperlukan selama pembelajaran. Untuk pelaksaan pembelajaran guru menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan menitik beratkan pada aktivitas dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Untuk evaluasi pembelajaran yang dilakukan yaitu ulangan harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester dan evaluasi check progression test (CPT) dan checkpoint yang diadakan untuk kelas 6 untuk mengukur dan memetakan kompetensi peserta didik khusus dari Cambridge. Hambatan yang muncul selama proses pembelajaran yaitu lemahnya kemampuan bahasa inggris siswa sehingga guru dalam mengajar harus menggunakan dua bahasa.
Downloads
References
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawalli Pers
Diocolano. N. G dan Nafiah. 2019. Implementasi Kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. 7 (1): 38-45
Hasanah. Uswatun. 2019. Model Integrasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar. Al-Ibtida: JUrnal Pendidikan Guru MI. Vol. 6 No. 2: 144-158
Kirom Askhabul. 2017. Peran Guru dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam 3 (1): 69-80
Khairunnisa. 2017. Peran Guru Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.: 413-416
Kusumawati, Y. 2019. Implementasi Kurikulum Cambridge Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Karakter Berbasis Literasi ajaran Tamansiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0”: Yogyakarta 28 September 2019
Lestari, N. D. 2018. Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri se-Kota Palembang. Jurnal Neraca. 2 (1): 68-79
Mahiran. 2017. Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah. Vol I No 2: 257-267
Mursalin, Sulaiman dan Nurmasyitah. 2017. Peran Guru Dalam Pelaksanaan Manajemen Kelas di Gugus Bungong Seulang Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyah. Vol 2 No. 1:105-114
Nafisah, N. F. 2018. Implementasi Kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Internasional Al-Abidin Surakarta dan Sekolah Dasar Integral Walisongo Sragen. Jurnal Studi Islam. 19 (2): 154-162
Rahayu, E, et al. 2012. Achievement Of Biologi Using Question Student Have Active Learning Observed From Lerning Activity Of Student’s On XI IPA Grade Of SMA Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Biologi. 1 (1) : 1-12
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sarmini. 2010. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Ipa Biologi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Bagi Siswa Kelas VII F Di SMP Negeri 6 Semarang. Jurnal Media Penelitian Pendidikan. 5 (2) : 1-18
Suryanti, et al. 2006. Pembelajaran Konstekstual Sebagai Upaya Mengatasi Ksulitan Siswa Kelas V SD Laboratorium Unesa Dalam Memahami Materi Panas: Jurnal Pendidikan Dasar. 7 (1): 50-60
Widjanarko, J dan Budiyono. 2018. Implementasi Kurikulum Cambridge Dalam Pembelajaran Matematika. JPGSD. 6 (6): 1030-1039
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Dikdas Bantara if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Dikdas Bantara. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Dikdas Bantara. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Dikdas Bantara copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Dikdas Bantara endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.