PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR NEGERI JETIS 3 SUKOHARJO

Authors

  • Koyi Matul Afilin Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i1.2998

Keywords:

PJBL, Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Diferensiasi, Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SD Negeri 3 Jetis Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan dalam pemecahan masalah ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan lembar observasi dan hasil tes. Analisis data menggunakan tes perhitungan dan analisis hasil observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas I SD Negeri 3 Jetis Sukoharjo. Peningkatan hasil belajar terjadi setelah adanya peningkatan tindakan pada siklus II. Tindakan dihentikan pada siklus II karena telah mencapai indikator kriteria keberhasilan yaitu ? 85%. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model PJBL terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas I SDN 3 Jetis Sukoharjo.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Koyi Matul Afilin, Universitas Muhammadiyah Surakarta

oke

References

Aqib, Z. d. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, Dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. d. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.BumiAksara. Arikunto, S. d. (2017). Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: TP.BumiAksara.

Aulia, d. (2018). upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Edmodo Di Kelas XI Penjurusan MIPA SMA Negeri 1 Demak Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA.

Aulia, d. (2018). Upaya Meningkatkan Kemandirian Siswa Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Edmodo Di Kelas XI Penjurusan MIPA SMA Negeri 1 Demak . Inovasi Pendidikan IPA.

Djamarah, B. (2018). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. Fathurrohman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta.

Jihad , A. A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Prenada Media Group.

Kurniawan , d. (2019). Optimal Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kterampilan Kerjatim Di Sekolah Dasar SDN 64/I Muara Bulian. Vol 3 Nomor 2.

MIftahul, d. (2017). Model-model Pembelajaran Dan Pembelajaran . Jakarta. Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta.

Pruwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Pulungan , I. I. (2018). Ensiklopedia Pendidikan . Medan: Media Persada.

Rahmadhan , d. (2018). Penerapan Model PBL Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Daur Air Dan Peristiwa Alam Kelas V SDN Cibodas

I. Vol. 1 No.1.

Rahmat. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kelas XI IPS SMA Mutiara 2 Bandung Tahun Pembelajaran 2016/2017.

sadiah, d. (2019). Model Problem Based Learning Berbasis Stategi Mathematical Habist Of Mind Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP.

Shoimin. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum . Yogyakarta.

Sipayung. (2018). Pengaruh Pola Asih Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VI di SD Negeri Muala Bolak 4 Kec. Sosorgadong . Vol. VI.

Slamato. (2017). Belajar &Faktor-faktor yang Mempengaruhi . Jakarta: PT. Rineka.

Sudjana, N. (2016). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-05-09

Issue

Section

Artikel