PROBLEMATIKA DALAM PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DARING DI RUMAH SELAMA MASA PANDEMI PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI BURAN 03 KECAMATAN TASIK MADU KABUPATEN KARANGANYAR

Authors

  • Moefty Mahendra Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Dwi Anggraeni Siwi Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Yuliani Sri Widaningsih Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i1.3587

Keywords:

Covid-19, Orang Tua, PJ

Abstract

Adanya virus covid-19 memberikan dampak yang luar pada semua bidang, salah satunya pada bidang pendidikan. Dengan adanya virus covid-19 ini membuat semua sarana mati atau di tutup sementara, termasuk kegiatan belajar mengajar, dan ahkirya pemerintah mengeluarkan peraturan untuk belajar dirumah secara daring. Sedangkan faktor keberhasilan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini adalah sosok orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja problematika yang dihadapi orang tua saat mendampingi proses PJJ Sekolah Dasar Negeri Buran 03. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kualitatif, dengan tujuan untuk melakukan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam Penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan program komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata orang tua siwa mengalami kesulitan saat pendampingan proses PJJ berlangsung dan sebagian orang tua siswa tidak mengalami kesulitan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi. 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rieneka Cipta

Faizah, S. N. (n.d.). At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah hakikat belajar dan pembelajaran.

Ika Handarini, O., & Sri Wulandari, S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8, 2020. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Ruli, E., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidkan, I., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. edukasi noformal.

Sri, & Hayati. (2017). buku-belajar-pembelajaran-berbasis-cooperative-learning-sri-haryati. graha cendekia.

Purwanto. 2020. Study Ekploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Dari Rumah. Jurnal Of Education

Subarto. 2020. Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Ditengah Wabah Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi

Tabiin. 2020. Problematika Stay At Home Pada Pembelajran Anak Usia Dini Ditengah Pandemi. Jurnal Golden Age, Vol 04 (1), 190-200

Prasetyo. 2018. Pendampingan Orang Tua dalam Proses Belajar Anak. Yogyakarta: Aruzz Media.

Putrid an Syaifullah. 2022. Kesulitan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi COVID-19. Jurnal J-BKPI, Volume 02 No.01 Tahun 2022, 1-13.

Rahayu, A.D. 2021. Sarana Dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume 09 Nomor 01 Tahun 2021, 186-199.

Rahayu, Rohana dan Febriani. 2021. Analisis Peran Orang Tua Sebagai Pengganti Guru Sekolah Di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Smp Negeri 1 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

Downloads

Published

2023-05-09

Issue

Section

Artikel