PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MENGAPLIKASIKAN POWER POINT DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI IN HOUSE TRAINING DI SDN 1 WONOHARJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Saryono saryono SDN 1 Wonoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v3i2.752

Abstract

Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah 1) Pengaplikasian microsoft power point melalui in house training dapat meningkatkan proses pelaksanaan kompetensi guru dalam pembelajaran  di SDN 1 Wonoharjo tahun pelajaran 2019/2020. 2) Pengaplikasian microsoft power point melalui in house training dapat meningkatkan kompetensi guru pada pembelajaran di SDN 1 Wonoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020.3) Pengaplikasian microsoft power point melalui in house training dapat meningkatkan perubahan perilaku yang menyertai kompetensi guru guru dalam proses pembelajaran di SDN 1 Wonoharjo tahun pelajaran 2019/2020. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didesain dalam dua siklus. Desain dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap : 1) perencanaan tindakan perbaikan, 2) pelaksanaan tindakan dan observasi 3) refleksi.

      Keefektifan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan tes hasil belajar. Data hasil observasi dideskripsikan, diinterpretasikan, kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Data hasil tes hasil belajar dianalisis dengan cara mendeskripsikan nilai tes antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas sesuai dengan indikator kinerja, yakni  1) mencapai ketuntasan klasikal proses pembelajaran 86%, 2) memperoleh ketuntasan klasikal kompetensi guru 86% dari jumlah guru keseluruhan.,3)Perubahan perilaku guru mencapai 86%.

            Penelitian tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil bahwa rerata Persentase proses pembelajaran rata-rata  klasikal  mengalami peningkatan pada pra siklus 42,86 %,siklus 1 71,43 % dan siklus II  95,24 %.Pelaksanaan pembelajaran lebih efektif dan kategori proses pembelajaran meningkat dari kategori sedang menjadi kategori  baik.Kompetensi guru, ketuntasan pada prasiklus 42,86%, pada Siklus I guru yang tuntas menjadi 85,71% dan pada siklus II menjadi 85,71%. Perubahan perilaku guru pada prasiklus 38,10%, pada Siklus I guru yang tuntas menjadi 71,43%. pada siklus II menjadi 95,24%.

            Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebagaimana diuraikan di atas, kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut:1)Proses pelaksanaan in house training menggunakan aplikasi power point pada guru-guru di SDN I Wonoharjo lebih meningkat dan efektif. Persentase proses pembelajaran rata-rata  klasikal  mengalami peningkatan pada pra siklus 42,86 %,siklus 1 71,43 % dan siklus II  95,24 %.Pelaksanaan pembelajaran lebih efektif dan kategori proses pembelajaran meningkat dari kategori sedang menjadi kategori  baik. 2)Ada peningkatan kompetensi guru mengaplikasikan power point setelah diberikan in house training pada guru-guru SDN I Wonoharjo tahun pelajaran 2019/2020. Peningkatan ini ditunjukkan dengan  persentase ketuntasan pada prasiklus 42,86%, pada Siklus I guru yang tuntas menjadi 85,71% dan pada siklus II menjadi 85,71%.  3)Ada peningkatan perubahan perilaku yang menyertai peningkatan komptensi guru mengaplikasikan power point setelah diberikan in house training. Peningkatan ini ditunjukkan dengan  persentase pada prasiklus 38,10%, pada Siklus I guru yang tuntas menjadi 71,43% dan pada siklus II menjadi 95,24%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-09-15

Issue

Section

Artikel