PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR SISTEM TATA SURYA DAN KARAKTERISTIKNYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VIA SDN 1 WONOGIRI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Yoni Ernawanto

DOI:

https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v3i2.753

Abstract

Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah  untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing yang dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran, kompetensi belajar, dan perubahan perilaku yang menyertai pembelajaran  menjelaskan sistem tata surya dan karakteristiknya pada Siswa Kelas VIA  SDN 1 Wonogiri Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020.

Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan prosedur tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIA SD Negeri 1 Wonogiri berjumlah 31 siswa. Sumber data, yang diambil dari (1) Hasil pengamatan proses pembelajaran siswa, (2) Hasil nilai tes, dan (3) Hasil pengamatan perilaku/sikap siswa. Data hasil observasi proses pembelajaran dianalisis hingga hasilnya dapat mencapai indikator kinerja kategori baik dengan 71 % siswa aktif, antusias dan kondusif dalam mengikuti proses pembelajaran, nilai hasil tes dianalisis dengan cara mendeskripsikan   nilai tes antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas sesuai dengan indikator kinerja, yakni  1) Minimal nilai tes mencapai KKM yaitu 75, 2) Target ketuntasan klasikal mencapai 80% atau lebih, sedangkan data hasil observasi perilaku/sikap siswa dianalisis hingga hasilnya dapat mencapai indikator kinerja kategori baik dengan 71 % siswa bekerja sama, percaya diri dan tanggung jawab.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pengunaan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi menjelaskan sistem tata surya dan karakteristiknya,dapat meningkatkan keaktifan, antusias dan kondusif siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dari kondisi prasiklus rata-rata keaktifan, antusias dan kondusif siswa prasiklus 23,65 %, naik menjadi 45,16 % di siklus I, dan meningkat menjadi 78,49 % di siklus II. Hasil belajar KD 3.7 pada prasiklus siswa yang tuntas 12 siswa atau 38,71 %, naik menjadi 20 siswa tuntas atau 64,52 % di siklus I, kemudian meningkat menjadi 26 siswa tuntas atau 83,87 % di siklus II. Hasil observasi perilaku/ sikap siswa bekerja sama, percaya diri dan tanggung jawab pada prasiklus hanya 19,35 %, naik menjadi 41,94 % pada siklus I dan meningkat menjadi 80,65 % di siklus II. 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pengunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan, antusias, kondusif siswa dalam proses pembelajaran rata-rata mencapai 78,49%. (2) Pengunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan ketuntasan kompetensi belajar siswa pada materi menjelaskan sistem tata surya dan karakteristiknya mencapai 83,87%. (3) Pengunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan perubahan perilaku/sikap siswa bekerja sama, percaya diri dan tanggung jawab rata-rata mencapai 80,65%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-09-15

Issue

Section

Artikel