Pelatihan Pembuatan Ecoprint untuk Mengembangkan Keterampilan Wirausaha Bagi Siswa Madrasah Ibtida’iyah
DOI:
https://doi.org/10.32585/educate.v3i2.4665Abstrak
Pelatihan Ecoprint merupakan sebuah inisiatif pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memperkenalkan seni Ecoprint kepada siswa MI Hidayatul Insan Karanganyar. Melalui metode ceramah dan praktik langsung, para siswa diberikan pemahaman mendalam tentang konsep dan teknik dasar Ecoprint, serta pemahaman tentang aspek-aspek bisnis yang terkait dengannya. Hasil dari pelatihan ini mencakup pemahaman yang lebih baik tentang Ecoprint, peningkatan keterampilan teknis dalam menciptakan karya seni Ecoprint, serta kesadaran tentang cara memasarkan produk Ecoprint dan mengelola bisnisnya. Selama sesi praktik, para siswa diberi kesempatan untuk merancang dan menciptakan karya Ecoprint yang unik dengan menggunakan bahan organik alami. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para siswa mengembangkan potensi seni dan kewirausahaan mereka, dan memberi mereka pondasi yang kuat untuk memulai bisnis Ecoprint mereka sendiri di masa depan. Pelatihan ini juga menekankan pentingnya praktik seni yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Dengan menggabungkan pendekatan teoritis dan praktis, pelatihan Ecoprint bertujuan untuk memperluas wawasan siswa dan meningkatkan keterampilan mereka dalam seni dan bisnis Ecoprint. Sebagai hasilnya, kegiatan ini memiliki potensi untuk memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang signifikan bagi komunitas setempat.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Educate: Journal of Community Service in Education agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.