Pelatihan Penggunaan Alat Edukasi Kartu Bergambar (Flash Card) dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah
Abstrak
Alat edukasi sangat penting diterapkan dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan alat edukasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga pembelajaran lebih bermakna, inovatif dan kreatif. Namun kenyataan di lapangan ditemukan bahwa ketika proses pembelajaran di dalam kelas, guru tidak menggunakan media pembelajaran seperti alat edukasi. Hal ini mengakibatkan masih rendahnya minat siswa dalam belajar matematika sehingga membuat kemampuan matematika yang dimiliki oleh siswa juga rendah. Oleh karena itu, tim pengabdi melakukan kegiatan pengabdian mengenai penggunaan alat edukasi dalam pembelajaran di kelas. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dan juga kemampuan matematika siswa. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di MIS Nurul Hidayah Medan. Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 32 orang siswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2025. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini adalah persiapan dan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam menggunakan alat edukasi kartu bergambar (flash card) serta adanya peningkatan kemampuan matematika siswa setelah menggunakan alat edukasi tersebut.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rani Rahim, Asrindah Nasution, Rizka Fahruza Siregar, Rini Ramadhani, Nova Riani, Winanda Marito

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Educate: Journal of Community Service in Education agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.