Karakteristik Tes Prestasi Bahasa Inggris sebelum Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2226Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan karakteristik tes prestasi bahasa inggris sebelum Covid -19. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan diskriptif. Objek penelitian adalah semua lembar tentang prestasi bahasa inggris sebelum Covid-19 dan selama Covid-19 Data diperoleh dari seluruh respons siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Semarang dengan 287 lembar jawaban siswa sebelum Covid-19. Teknik pengumpulan data adalah dokumen dan wawancara. dokumen berupa kisi-kisi , lembar soal, lembar jawaban, dan kunci jawaban . Peneliti saya melakukan wawancara dengan seorang guru Bahasa Inggris dan kepala MGMP Bahasa Inggris sub rayon 01 Semarang Timur. Sebuah analisis data menggunakan program Quest .Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik tes prestasi Bahasa Inggris sebelum Covid -19 ; pertama , tingkat kesukaran butir dalam persentase= mudah: sedang: sulit = 55%: 37,5%: 7,5% ; kedua , daya beda butir dalam proporsi= jelek: diterima: baik: sangat baik= 10%: 30%: 25%: 35% ; ketiga , efektivitas p engecoh dalam persentase = efektif: tidak efektif = 53,3 0 %: 46 ,70 % ; keempat , uji reliabilitas = 0,990 ; kelima , v aliditas isi adalah sah karena semua bahan dalam groomer-kisi telah ter wakili oleh butir soal.
Downloads
References
Adams, RJ & Khoo, ST (1996). Quest Sistem Analisis Tes Interaktif . Australia: Dewan Riset Pendidikan Australia Ltd.
Arikunto, S. ( 2004 ) . Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Rineka Cipta.
Boopathiraj, C. & Chellamani , K. (2013). Analisis Butir Tes Tingkat Kesulitan dan Indeks Diskriminasi dalam Tes atau Penelitian dalam Pendidikan . Jurnal Internasional Ilmu Sosial & Penelitian Interdisipliner 2 (2), 189-193. Diperoleh dari: indianresearchjournals.co m.
Cheng , Y., Yang , Y. & Du , D. (2019) . Sebuah kelas strategi pengujian kelompok asimtotik optimal untuk mengidentifikasi item yang baik . Jurnal Matematika Terapan Diskrit . 260, 109–116.
Crocker, L . & Algina, J. (1986). Pengantar Teori Tes Klasik dan Modern . New York : CBS College.
Dichoso, AA & Joy M.RJ (2020 ). Test Item Analyzer menggunakan Point- Biserial Korelasi dan P - Values . Jurnal Internasional Penelitian Ilmiah & Teknologi , 9 (4). 2122-2126.
Etsey, YK, "Menilai kinerja di sekolah: Masalah dan praktik," Ife Psychologia, vol. 13, tidak. 1, 123-135, 2004.
Fathoni, A. (2006). Metodelogi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi . Jakarta: PT. Rinka Cipta.
Haryudin, A. (2015). Validitas dan Reliabilitas Tes Sumatif Bahasa Inggris di SMP Negeri Bandung Barat. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2 (1) , 77-90 .
Huda, N. & Wahyuni , TS (2019). Analisis Butir Soal IPA Try Out USBN Tahun Ajaran 2018/2019 dalam Kaitannya dengan Level Kognitif . Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar . 12 (1), 29-39.
Kartowagiran, B. (2009). Pengantar Teori Tes Klasik (TTK). Makalah Pascasarjana UNY dan DIinas Pendidikan Prov DIY.
Kheyami, D., Jaradat, A., Al-Shibani, T., & Ali, FA (2018). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda di Departemen Pediatri, Universitas Teluk Arab, Manama, Bahrain. Sultan Qaboos Jurnal Kedokteran Universitas, 18 (1), 68-74.
Kunandar, K. (2013). Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Kurikulum 20 13 . Raja Grafindo Persada.
Lababa, D. (2008). Analisis Butir Soal dengan Teori Tes Klasik . IQRA' Jurnal, 5 , 29-37.
Madsen, H., S. Teknik dalam Pengujian . Pers Universitas Oxford. 1983.
Maharani, AV & Putro , NHPS (2020). Analisis Butir Tes Akhir Semester Bahasa Inggris . Jurnal EFL dan Linguistik Indonesia . 5 ( 2 ) , 2020 . 492-504.
Mahirah, R., Ahmad, D. & Sukirman. (2016). Perancangan Tes Pilihan Ganda Kosakata Mahasiswa Semester I Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Bahasa Inggris, Pengajaran, Pembelajaran, dan Penelitian, 2 (2), 194-208.
Manalu, D. (2019). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Ujian Akhir Dengan Menggunakan Program Analisis Butir Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Medan. Jurnal Pengajaran Bahasa Inggris & Linguistik Terapan, 1 (1), 13-19.
Masruroh, HZ (2014). Analisis Butir Soal Tes Sumatif Bahasa Inggris Siswa Kelas II MAN Tulungagung 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi : Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Mulianah, S. & Hidayat , W. (2013). Pengembangan Tes Berbasis Komputer . Kuriositas , 2 (6), 27- 43.
Pradanti, SI, Martono, M., & Sarosa, T. (2018). Analisis Butir Tes Sumatif Bahasa Inggris Semester I Siswa Kelas III SMP Di Surakarta. Pendidikan Bahasa Inggris, 6 (3), 312–318.
Putri, BDT (2017). Analisis Validitas Tes Sumatif Bahasa Inggris SMP . Jurnal Bahasa dan Pengajaran Bahasa . 5 (1), 6-11.
, N. S. (2014). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah Produktif Pemasaran Kelas Xii Pemasaran SMK Negeri 9 Semarang. Jurnal Analisis Pendidikan Ekonomi , 3 (3), 564-569. Diperoleh dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj .
Rehman, A., Aslam, A. & Hassan, SH (2018). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda. Pakistan Oral & Dental Journal, 38 (2), 291-293 .
Riduwan . (2007). belajar Mudah penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula . Akdon . Bandung: Alfabeta .
Roid , GH & Haladyna , TM (1982). Teknologi untuk Penulisan Butir Tes. London: Academic Press, Inc.
Rudyatmi, Ely & Rusllowati, A. (2017). Pembelajaran Evaluasi. Semarang : Fakultas MIPA Unnes .
Sa'adah , N. (2017). Analisis Soal UTS Bahasa Inggris Berdasarkan Kriteria Tes yang Baik pada Semester Pertama Siswa Kelas VIII Mts . Mathalibul Huda Mlonggo Tahun Pelajaran 2016/201 7. Jurnal Edulingua , 4 (1),45-58.
Salwa, A. (2012). Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Kesesuaian Kurikulum Tes Bahasa Inggris. Skripsi : Program Pascasarjana Linguistik Universitas Diponegoro Semarang.
Saputra, ANS, Retnawati , H. & Yusron , E. (2021). Analisis Kesulitan dan Karakteristik Soal Soal Ujian Sekolah Standar Nasional Biologi . Kemajuan dalam Ilmu Sosial, Pendidikan dan Penelitian Humaniora , 542 , 8-14.
Satori, D. & Komariah, A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung : Penerbit Alfabeta.
Singh , J.P. , Kariwal P., Gupta SB, & Shrotriya VP (2014). Meningkatkan Pertanyaan Pilihan Ganda (MCQs) melalui analisis item: Penilaian alat penilaian. Jurnal Internasional Ilmu Pengetahuan & Penelitian Terapan, 1 (2), 53-57. Diperoleh dari: www.ijsar.in .
Subali, B. & Suyata , P. (2011). Panduan Analisis Data Pengukuran Pendidikan Untuk Memperoleh Bukti Empiris Kesahihann Menggunakan Pencarian Program. Universitas Negeri Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masayarakat
Sugianto , A. (2017). Validitas dan Reliabilitas Tes Sumatif Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Atas . Jurnal EFL Indonesia: Jurnal ELT, Linguistik, dan Sastra , 3 ( 2 ), 22 - 38 . P-ISSN: 2460-0938 . E-ISSN: 2460-2604 .
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sultana, N. (2018). Review Tes Ujian Umum Bahasa Inggris di Tingkat Menengah di Bangladesh. Pengujian Bahasa di Asia, 8 (16), 1-9.
Suryabrata, S. (2005). Pengembangan Alat Ukur Psikologis . Yogyakarta: CV Andi Offset .
Suwarto . ( 2007 ) . Tingkat Rendah, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16 (2), 166-178.
Suwarto . (2010). Penelitian Pendidikan. Sukoharjo : Ziyaad.
Suwarto . (2013). Tingkat Kesulitan, Selisih, dan Keandalan Tes Seleksi Mahasiswa Baru Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo . Seminar Nasional Pendidikan Sains . 652- 658.
Suwarto . (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto . (2016). Karakteristik Tes Biologi Kelas 7 Dengan Periode Suku Ganjil . Jurnal Penelitian Humaniora . 17 (1), 1-8.
Suwarto . (2018). Statistik Pendidikan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar .
Suwarto. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry. 12 (9), 356-370.
Toksöz, S. & Ertunç., A. (2017). Analisis Butir Soal Ujian Pilihan Ganda. Kemajuan dalam Studi Bahasa dan Sastra, 8( 6), 141-146.
Wainer , H. & Braun, HI (1988). Uji Validitas. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.