Evaluasi Penilaian Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Umum Berbasis E-Learning

Authors

  • Delfiyan Widiyanto Universitas Tidar
  • Annisa istiqomah Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2670

Abstract

Penilaian hasil belajar pada mata kuliah umum yang telah dilaksanakan dalam pembelajaran telah dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran. Salah satu objek wisata tersebut tertuang dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Terdapat berbagai macam hasil belajar dari mata kuliah umum, sehingga peneliti ingin mengetahui penyusunan perencanaan, penilaian hasil belajar mata kuliah umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran umum (MKU) di Universitas Tidar berbasis e-learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah dosen MKU Universitas Tidar. Objek penelitian ini adalah evaluasi hasil belajar MKU di Universitas Tidari berbasis e-learning. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Tidar pada bulan Maret sampai September 2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen telah melaksanakan hasil belajar dengan memberikan pertanyaan atau konfirmasi, membuat instrumen, memberikan umpan balik dan memberikan umpan balik kepada mahasiswa yang berprestasi tinggi. Masih ada dosen yang mengevaluasi hasil belajar, tidak menyusun rubrik penilaian, memberikan tugas, dan memberikan umpan balik dengan kinerja rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.). (2015). Pembelajaran, pengajaran, dan assesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi pembelajaran . Bandung: Rosdakarya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian; suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bourke, R. & Mentis, M. (2014). An Assessment framework for inclusive education: integrating assessment approaches. Assessment in Education: principles, policy & practice. 21 (4). 384-397. http://dx.doi.org/10.1080/0969594X.2014.888332

Isaac, S & Michael, W. B. (1981). Handbook in research and evalution (2nd ed.). California: Edits Publishers.

Kusuma, M. (2016). Evaluasi pendidikan. Parama Ilmu: Yogyakarta.

Long, C. E., Angera, J. J., & Hakoyama, M. (2015). Transferable principle from a formative evaluation of a couple empathy program. Journal of couple & relathionship therapy: innovations in clinical and educational interventions. 7 (2). 88- 112. http://dx.doi.org/10.1080/15332690802106828.

Majid, A. (2014). Strategi pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Ningsih, N. (2012). Hambatan guru pendidikan kewarganegaraan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMA N 1 Saden. Jurnal Citizenship. 1 (2), 123-132. http://jogjapress.com/index.php/Citizenship/article/view/929

Payne, D. A. (2003). Applied educational asessment. USA: Wadsworth.

Peraturan Rektor Universitas Tidar No. 15/UN57/HK.01/2019 Tentang Pedoman Akademik Universitas Tidar

Subali, B. (2016). Prinsip asesmen dan evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Sudjana, N. (2014). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Standar Pendidikan Tinggi

Wallace, G. & Larsen, S. C. (1978). Educational assessment of learning problems testing for teaching. United States of America: Allyn and Bacon.

Widoyoko, S. E. (2016b). Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka

Downloads

Additional Files

Published

2022-08-06

How to Cite

Widiyanto, D., & istiqomah, A. (2022). Evaluasi Penilaian Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Umum Berbasis E-Learning. Jurnal Pendidikan, 31(2), 245–256. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2670

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)