Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pendidikan Demokrasi

Authors

  • Delfiyan Widiyanto Universitas Tidar
  • Annisa istiqomah Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.2826

Abstract

Artikel ini bertujuan memberikan tinjauan teoretik dan analisis kurikulum 2013 edisi revisi 2018 pada mata pelajaran PPKn dalam kontribusi pendidikan demokrasi di Indonesia. Suasana demokrasi Indonesia menjelang pemilihan umum 2019 memberikan pengalaman menarik bagi bangsa Indonesia. Intrik dan kusak kusuk politik praktis membahwa dampak pada sisi negatif seperti politic money, black campaign, isu hoax, saling bersingungan antar pendukung membuat suasana menjadi panas dan terjadinya konflik. Rendahnya pemahaman demokrasi mengakibatkan masyarakat mudah tersulut emosi dan konflik yang terjadi diakar rumput. Dari beberapa literature dan analisis kurikulum menunjukkan bahwa pendidikan kewarganegaran dengan pendidikan demokrasi memiliki kesamaan yaitu menanamkan dan memahamkan nilai prinsip, konsep, dan budaya demokrasi pada warga negara. Pada kurikulum 2013 edisi 2018 bahwa PPKn memiliki kompetensi yang berkaitan dengan pilar-pilar demokrasi. Kompetensi yang terdapat pada kurikulum pendidikan kewarganegaraan mengandung kesepuluh pilar demokrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, A. I., Suwarto, S., & Iskandar, D. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 6(2), 168-174.

Audigier, F. (2000). Project education for democratic citizenship basic concept and core competencies for education for demokratic citizenship. Strassbourg: Council Eropa.

Bakry, M. (2014). Pendidikan kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Banks, J. (2011). Educationg citizens in diverse societies. Intercultural education. 22 (4). Hal 243-251. http://dx.doi.org/10.1080/14675986.2011.617417.

Biesta, G. J. J. (2011). Learning democracy in school and society, education, lifelong learning, and the politics of citizenship. Sense Publishers: Rotterdam.

Cogan, J.J dan Derricot, R. (1998). Citizenship for the 21st century: an international perspektif on education. London: Kogan Page.

Doganay, A. (2012). A curriculum framework for active democratic citizenship education. Dalam Print, M., & Large, D. Schools currikulum and civic education for building democratic citizens. Rotterdam: Sense Publisher.

Hakim, Al Suparlan. (2014). Pendidikan kewarganegaraan dalam konteks Indonesia. Malang: Madani.

Himmelmann, G. (2013). Competences for teaching, learning, and living democratic citizenship. Dalam Print, M., & Lange, M. (Eds). Civic education and competences for engaging citizens in democracies. Sense Publish: Rotherdam/Boston/ Taipei.

Keating, A. (2014). Education for citizhenship in europe. Palgrave Macmillan: New York.

Kennedy, K. J., & Brunold, A. (Eds). (2016). Regionalism and citizenship education-new identities and new commitments. Routledge: London & New York.

Kerr, D. (1999). Citizenship education: an international comparisson. London: National foundation for education research (NFER).

Kisby, B. (2009). Social capital and citizenship lessons in england. Education, citizenship and social justice. 4 (1) Hal 41-62. DOI 10.1177/1746197908099376.

Murdiono, Mukhamad. (2012). Kewarganegaraan berbasis portofolio. Yogyakarta: Penerbit ombak.

Mustika Zed. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Nasional.

Osler, Audrey. (2010). Teacher interpretations of citizenship education: national identify cosmopolitan ideals, and political realities. Journal of curriculum studies. 43 (1). Hal 1-24. http://dx.doi.org/10.1080/00220272.2010.503245.

Pan, S. Y. (2017). Reframing citizhenship education in beijing: competing views and strategies. Oxford review of education. http://dx.doi.org/10.1080/0305 4985.2017.1295929.

Patrick, J. J & Vontz, T. S. (2001). Components of education for democratic citizenship in the preparation of social studies teachers. Dalam Patrick, J. J & Leming, R. S (Eds). Principles and practices of democracy of democracy in the education of social studies teachers: civic learning in teachers’ education. Bloomington, Indiana, USA: Office of Educational Research and Imformation Center.

Print, M. (2013). Competence for democratic citizhenship in europa. Dalam Dalam Print, M., & Lange, M. (Eds). Civic education and competences for engaging citizens in democracies. Sense Publish: Rotherdam/Boston/ Taipei.

Putra, J. T., & Lopez, S.V. (2006). Developing citizhenship competencies from kindergarten thourgh grade 12: a back ground paper for policy makers and educators. New York: Education Commison of the State.

Samsuri. (2011). Pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana membangun karakter warga negara demokratis. Dalam Zuchdi, D. (Ed). Pendidikan karakter dalam perspektif teori dan praktik. UNY Press: Yogyakarta.

Sanusi, A. (2007). “Memberdayakan Masyarakat dalam Pelaksanaan 10 Pilar Demokrasi”, dalam Pendidikan Nilai Moral dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab. PMPKn FPIPS UPI.

Starkey, H. (2018). Fundamental british values and citizenship education: tensions between national and global perspectives. Geofiska annaler: series b, human geography. https://doi.org/10.1080/04353684.2018.143442

Sukarno. (2015). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumantri, Numan. (2001). Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.

Sunarso, dkk. (2002). Pendidikan kewarganegaraan untuk perguruan tinggi. Yogyakarta: UNY press.

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).

Ubaedilah. A & Abdul Rozak (2014). Pancasila, Demokrasi, HAM, dan Masyarakat Madani. ICCE: Jakarta.

Veldhuis, R. (1997). Education for democratic citizenship, core competence, variables, and international activities. Paper seminar on basic concepts and core competence, council for culture cooperation, strasbourg, Prancis 11-12 Desember 1997. United States of America: Educational resources information center.

Veurgelers, W. (2007). Creating critical-democrtatic citizenship education: empowering humanity and democracy in dutch education. Compare: A Journal of comparative and international education. 37 (1). Hal 105-119. http://dx.doi.org/10.1080/030579206010

Wahab, A. A. (2013). Pendidikan kewarganegaraan dalam ilmu dan aplikasi pendidikan. Bandung: Pedagogian Pers.

Winarno. (2013). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan isi, strategi, dan penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.

Winataputra, U.S. dan Budimansyah, D. (2007). Civic Education: Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Bandung: Prodi PKn SPS UPI.

Yuniarto, Bambang. (2018). Pendidikan Demokrasi dan Budaya Demokrasi Konstitusional. Jakarta: Deepublish.

Downloads

Additional Files

Published

2023-03-01

How to Cite

Widiyanto, D., & istiqomah, A. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pendidikan Demokrasi. Jurnal Pendidikan, 32(1), 1–10. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.2826

Issue

Section

Artikel