Optimalisasi Media Pembelajaran Melalui Teknik Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Kompetensi Dasar Sistem Sirkulasi KelasXI-MIPA9 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun 2018
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2842Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauh mana upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi, dan apakah melalui teknik Problem Based Instruction dapat berpengaruh positif memusatkan konsentrasi belajar siswa.
Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan penelitian dengan tiga siklus, terdiri 4 kegiatan utama, yaitu perencanaan (planing), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).
Subyek penelitian siswa kelas XI-MIPA9 SMA Negeri 1 Surakarta tahun 2018/ 2019, jumlah siswa 36 orang siswa terdiri 22 orang perempuan dan 14 orang laki-laki. Sumber data dari hasil angket, observasi aktivitas pembelajaran dan tes akhir setiap siklus. Teknik pengumpulan data adalah dengan angket, observasi, wawancara dan tes pemahaman konsep (tes kognitif). Validasi data dan anlisis data menggunakan teknik triangulasi dan analisis data dengan deskriptif kualitatif.
Hasil observasi pembelajaran secara umum dan berangsur-angsur tejadi peningkatan konsentasi siswa telah terfokus pada materi berdasarkan hasil observasi yaitu siklus I, II dan III berturut-turut 3,5, 3,4 dan 3,5. Hasil pemahaman konsep (tes kognitif) yaitu untuk masing-masing siklus secara berurutan adalah 81,38, 90,26 dan 94,44.
Hasil efektivitas pemanfatan media terjadi peningkatan setiap siklus secara berurutan adalah 37,3%. 51,0% dan 54,4%. efektivitas pemanfaatan media terjadi peningkatan persentase untuk setiap siklusnya, sehingga pembelajaran berlangsung kondusif, semakin membaik, efektif dan secara positif meningkatkan motivasi, hasil belajar siswa melalui optimalisasi media dengan teknik Problem Based Instruction, khususnya pada materi sistem sirkulasi.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Problem Based Intruction, Pembelajaran, motivasi, Hasil Belajar .
Downloads
References
Arends, Richard I. (1997). Classroom Instruction and Management. USA: the Mc.Graw-Hill Companies
Arif S. Sardiman, R. Raharjo, Anung Haryono, dan Hardjito. (2006). “Media Pendidikan” Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Marno, Drs. (2006). Biologi Untuk SMA/MA kelas XI, CV.HaKaMJ Surakarta
Nana Sudjana. (1995). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004. Malang: Grasindo
Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Biologi. (2003). Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum
R. Angkowo & A. Kosasih. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.
Slameto. (2003).Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta:Rineka Cipta
Surya M. (2004). Psikologi Pembelajaran & Pengajaran, Bandung: Pustaka Bani Quraisy
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Toeti Soekamto. (1993). Perancangan dan Pengembangan Sistem Instruksional. Jakarta: Intermedia
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Woolfolk dan Lorraine. (2004). Mendidik Anak-anak Bermasalah (Psikologi Pembelajaran II). Jakarta : Inisiasi Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.