Optimalisasi Media Pembelajaran Melalui Teknik Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Kompetensi Dasar Sistem Sirkulasi KelasXI-MIPA9 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun 2018
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauh mana upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi, dan apakah melalui teknik Problem Based Instruction dapat berpengaruh positif memusatkan konsentrasi belajar siswa.
Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan penelitian dengan tiga siklus, terdiri 4 kegiatan utama, yaitu perencanaan (planing), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).
Subyek penelitian siswa kelas XI-MIPA9 SMA Negeri 1 Surakarta tahun 2018/ 2019, jumlah siswa 36 orang siswa terdiri 22 orang perempuan dan 14 orang laki-laki. Sumber data dari hasil angket, observasi aktivitas pembelajaran dan tes akhir setiap siklus. Teknik pengumpulan data adalah dengan angket, observasi, wawancara dan tes pemahaman konsep (tes kognitif). Validasi data dan anlisis data menggunakan teknik triangulasi dan analisis data dengan deskriptif kualitatif.
Hasil observasi pembelajaran secara umum dan berangsur-angsur tejadi peningkatan konsentasi siswa telah terfokus pada materi berdasarkan hasil observasi yaitu siklus I, II dan III berturut-turut 3,5, 3,4 dan 3,5. Hasil pemahaman konsep (tes kognitif) yaitu untuk masing-masing siklus secara berurutan adalah 81,38, 90,26 dan 94,44.
Hasil efektivitas pemanfatan media terjadi peningkatan setiap siklus secara berurutan adalah 37,3%. 51,0% dan 54,4%. efektivitas pemanfaatan media terjadi peningkatan persentase untuk setiap siklusnya, sehingga pembelajaran berlangsung kondusif, semakin membaik, efektif dan secara positif meningkatkan motivasi, hasil belajar siswa melalui optimalisasi media dengan teknik Problem Based Instruction, khususnya pada materi sistem sirkulasi.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Problem Based Intruction, Pembelajaran, motivasi, Hasil Belajar .
Full Text:
PDFReferences
Arends, Richard I. (1997). Classroom Instruction and Management. USA: the Mc.Graw-Hill Companies
Arif S. Sardiman, R. Raharjo, Anung Haryono, dan Hardjito. (2006). “Media Pendidikan” Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Marno, Drs. (2006). Biologi Untuk SMA/MA kelas XI, CV.HaKaMJ Surakarta
Nana Sudjana. (1995). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004. Malang: Grasindo
Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Biologi. (2003). Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum
R. Angkowo & A. Kosasih. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.
Slameto. (2003).Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta:Rineka Cipta
Surya M. (2004). Psikologi Pembelajaran & Pengajaran, Bandung: Pustaka Bani Quraisy
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Toeti Soekamto. (1993). Perancangan dan Pengembangan Sistem Instruksional. Jakarta: Intermedia
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Woolfolk dan Lorraine. (2004). Mendidik Anak-anak Bermasalah (Psikologi Pembelajaran II). Jakarta : Inisiasi Press.
DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2842
Refbacks
- There are currently no refbacks.