Pemikiran Ibnu Khaldun (Pragmatis-Instrumental) Tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Dunia Modern
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2864Abstract
Ibnu Khaldun sebagai salah seorang tokoh intelektual Islam yang dikenal hingga hari ini-selain dari perannya yang besar dalam pentas politik pada masanya dan pemikiran pendidikannya yang beraliran pragmatis-instrumental adalah karena beliau memiliki dan mewariskan karya intelektualnya, yaitu kitab Muqaddimah. Meskipun Ibnu Khaldun hidup di abad ke-14, tetapi pemikirannya tentang pendidikan Islam tampaknya tetap actual dan relevan untuk penerapan pendidikan Islam dalam konteks kekinian, termasuk di Indonesia. Bahkan pemikiran yang pernah beliau kemukakan dapat menjadi inspirasi untuk umat Islam dewasa ini dalam membenahi dan meningkatkan pendidikan Islam di Indonesia. Untuk itu, dalam beberapa dasawarsa terakhir, sejumlah wacana dari pakar pendidikan Islam di Indonesia begitu mengapung dalam menyerukan pembenahan dan peningkatan kualitas pendidikan Islam di Indonesia. Dalam pembahasan ini, akan dilihat beberapa relevansi pemikiran Ibnu Khaldun dengan dunia modern khususnya pelaksanaan pendidikan Islam di Indonesia. Ibnu Khaldun mengklasifikasikan ilmu-ilmu pengetahuan yang dipelajari ke dalam dua bentuk yaitu al-‘ulum an-naqliyah (ilmu agama) dan al-‘ulum al-aqliyah (ilmu umum).
Downloads
References
Abu Muhammad Iqbal. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.
Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Gunawan. (2019). Peta Kemunculan Pemikiran Modern Dalam Islam. Ath Thoriq, 3(1), 40–50.
Ibnu Khaldun. (2011). Mukaddimah Ibnu Khaldun. Pustaka Al-Kautsar.
Istiq’faroh, N. (2020). Relevansi Filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar Di Indonesia. Lintang Songo : Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–10. https://www.journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/266
Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud RI.
Maragustam. (2012a). Filsafat Pendidikan Islam, Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Globalisasi. Kurnia Kalam Semesta.
Maragustam. (2012b). Filsafat Pendidikan Islam, Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Globalisasi. Kurnia Kalam Semesta.
Maragustam. (2012c). Filsafat Pendidikan Islam, Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Globalisasi. Kurnia Kalam Semesta.
Maragustam. (2014). Filsafat Pendidikan Islam, Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global. Kurnia Kalam Semesta.
Moh. Toriqqudin. (2008). Sekularitas Tasawuf, Membumikan Tasawuf dalam Dunia Modern. UIN-Malang Press.
Muhammad Kosim. (2012a). Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Kritis, Humanis dan Religius. Rineka Cipta.
Muhammad Kosim. (2012b). Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Kritis, Humanis dan Religius. Rineka Cipta.
Mustika Zed. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Nasional.
Sayyed Hossein Nasr. (1994). Menjelajah Dunia Modern. Mizan.
Syamsul Kurniawan. (2013). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Ar-Ruzz Media.
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Tim Penyusun Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Program Pasca Sarjana IAIN Imam Bonjol Padang. (2014). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah(Tugas Akhir, Skripsi, Tesis & Disertasi). IAIN Imam Bonjo Padang.
Undang-undang tentang Guru dan Dosen, 6 (2005).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.