Pemikiran Ibnu Khaldun (Pragmatis-Instrumental) Tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Dunia Modern

Authors

  • Sholeh Kurniandini Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung
  • Muchammad Iqbal Chailani Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung
  • Abdul Wahab Fahrub Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2864

Abstract

Ibnu Khaldun sebagai salah seorang tokoh intelektual Islam yang dikenal hingga hari ini-selain dari perannya yang besar dalam pentas politik pada masanya dan pemikiran pendidikannya yang beraliran pragmatis-instrumental adalah karena beliau memiliki dan mewariskan karya intelektualnya, yaitu kitab Muqaddimah. Meskipun Ibnu Khaldun hidup di abad ke-14, tetapi pemikirannya tentang pendidikan Islam tampaknya tetap actual dan relevan untuk penerapan pendidikan Islam dalam konteks kekinian, termasuk di Indonesia. Bahkan pemikiran yang pernah beliau kemukakan dapat menjadi inspirasi untuk umat Islam dewasa ini dalam membenahi dan meningkatkan pendidikan Islam di Indonesia. Untuk itu, dalam beberapa dasawarsa terakhir, sejumlah wacana dari pakar pendidikan Islam di Indonesia begitu mengapung dalam menyerukan pembenahan dan peningkatan kualitas pendidikan Islam di Indonesia. Dalam pembahasan ini, akan dilihat beberapa relevansi pemikiran Ibnu Khaldun dengan dunia modern khususnya pelaksanaan pendidikan Islam di Indonesia. Ibnu Khaldun mengklasifikasikan ilmu-ilmu pengetahuan yang dipelajari ke dalam dua bentuk yaitu al-‘ulum an-naqliyah (ilmu agama) dan al-‘ulum al-aqliyah (ilmu umum).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Muhammad Iqbal. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Gunawan. (2019). Peta Kemunculan Pemikiran Modern Dalam Islam. Ath Thoriq, 3(1), 40–50.

Ibnu Khaldun. (2011). Mukaddimah Ibnu Khaldun. Pustaka Al-Kautsar.

Istiq’faroh, N. (2020). Relevansi Filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar Di Indonesia. Lintang Songo : Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–10. https://www.journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/266

Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan ‎Nasional. Kemendikbud RI.

Maragustam. (2012a). Filsafat Pendidikan Islam, Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus ‎Globalisasi. Kurnia Kalam Semesta.

Maragustam. (2012b). Filsafat Pendidikan Islam, Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus ‎Globalisasi. Kurnia Kalam Semesta.

Maragustam. (2012c). Filsafat Pendidikan Islam, Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Globalisasi. Kurnia Kalam Semesta.

Maragustam. (2014). Filsafat Pendidikan Islam, Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global. ‎Kurnia Kalam Semesta.

Moh. Toriqqudin. (2008). Sekularitas Tasawuf, Membumikan Tasawuf dalam Dunia Modern. ‎UIN-Malang Press.

Muhammad Kosim. (2012a). Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Kritis, Humanis dan Religius. Rineka ‎Cipta.

Muhammad Kosim. (2012b). Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Kritis, Humanis dan Religius. Rineka ‎Cipta.

Mustika Zed. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Nasional.

Sayyed Hossein Nasr. (1994). Menjelajah Dunia Modern. Mizan.

Syamsul Kurniawan. (2013). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Ar-Ruzz Media.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Tim Penyusun Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Program Pasca Sarjana IAIN Imam Bonjol Padang. (2014). ‎Pedoman Penulisan Karya Ilmiah(Tugas Akhir, Skripsi, Tesis & Disertasi). IAIN Imam Bonjo Padang.

Undang-undang tentang Guru dan Dosen, 6 (2005).

Downloads

Published

2022-10-23

How to Cite

Kurniandini, S., Chailani, M. I., & Fahrub, A. W. (2022). Pemikiran Ibnu Khaldun (Pragmatis-Instrumental) Tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Dunia Modern. Jurnal Pendidikan, 31(3), 349–360. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2864

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)