Analisis Kesulitan UAS Lisan Konsep Dasar PPKn Mahasiswa PGSD

Authors

  • afrischa novia soviany Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Gharryn Rangga Kusuma
  • Rizki Farista Sari
  • Rian Damariswara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.4189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mahasiswa PGSD saat ujian akhir semester dalam bentuk Ujian Lisan mata kuliah kondas PPKN di SD dan Faktor yang membuat mahasiswa kesulitan saat ujian lisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa IA PGSD yang berjumlah 45 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik wawancara. Analisis berupa hasil wawancara dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan berupa pertanyaan wawancara.Hasil penelitian ini ditemukan beberapa kesulitan yang dialami mahasiswa saat melaksanakan ujian lisan, yaitu lupa dengan materi yang disampaikan dosen, tidak hafal materi, serta kesulitan menyampaikan jawaban di waktu ujian lisan. Faktor yang menyebabkan mahasiswa kesulitan UAS lisan kondas PPKn,yaitu; faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal salah satunya lingkungan kampus. Faktor internal terdiri dari nerves/ grogi, kurang percaya diri dengan jawaban, kurang kosentrasi, merasa takut.

 

Kata-kata Kunci: Kesulitan UAS Lisan, Mahasiswa PGSD, Pendidikan Kewarganegaraan

References

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133. https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414

Anastasi, A., & Urbina, S. (1997). Psychological Testing. American: Prentice Hall/Pearson Education.

Angranti, W. (2016). Problematika Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Gerbang Etam, 10(1), 28–37.

Bimawa Warta. 2019. Diakses melalui https://bimawa.uad.ac.id/tips-menghadapi-ujian/

Fitriana, D. U. (2013). Public Speaking Sukses Bicara Di Depan Publik Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lisanias, C. V., Loekmono, J. T. L., & Windrawanto, Y. (2019). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Progdi Pendidikan Sejarah Uksw Salatiga. Jurnal Psikologi Konseling, 15(2), 431–440. https://doi.org/10.24114/konseling.v15i2.16192

Mu’awwanah, U. (2017). PERILAKU INSECURE PADA ANAK USIA DINI Uyu Mu’awwanah. Jurnal As-Sibyan, 2(1), 47–58.

Naibaho, H., Adi, F., & Sugiarto, & V. (2010). Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa ( Studi Kasus Universitas Pelita Harapan Surabaya ). Jurnal Manajemen Pemasaran, 5(1), 22–26.

Oktavianti, Roswita, & Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking sebagai Komunikasi yang Efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia.

Riadi, M. (2019). Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenis – Jenis Ekstrakurikuler.

Saidah, K., & Damarisma, R. (2017). Analisis Bentuk-Bentuk Penilaian Sikap Siswa Sekolah Dasar Di Kota Kediri. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 84–96. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.4244

Sibayukun. (2015) Apa Sih Grogi Itu? Bagaimana Penyebab dan Cara Mengatasinya. Diakses 30 Mei 2023. Melalui https://www.wowcang.com/2015/11/apa-sih-grogi-itu-bagaimana-penyebab.html

Sriyanti, L. (2011). Psikologi Belajar (L. Sriyanti (ed.)). jawa Tengah: STAIN Salatiga Press.

Syah, M. (1996). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Перспективы науки и образования, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Zanah. 2022. https://www.detik.com/jatim/berita/d-6421084/5-tips-atasi-grogi-untuk-tampil-maksimal

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

soviany, afrischa novia, Kusuma, G. R., Sari, R. F., & Damariswara, R. (2023). Analisis Kesulitan UAS Lisan Konsep Dasar PPKn Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan, 32(2), 313–320. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.4189

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)