Analisis Minat Baca Mahasiswa PGSD UNP Kediri

Authors

  • Della novita Dwi Nurjanah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nastassya Davina Pasha Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mixel Cake Putri Sadewa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rian Damariswara Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i3.4405

Keywords:

Minat baca, Mahasiswa PGSD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui minat baca mahasiswa baru PGSD UNP Kediri, 2) Mengetahui seberapa sering mahasiswa PGSD UNP Kediri membaca, 3) Media yang digunakan untuk membaca, 4) Jenis bacaan yang lebih disukai mahasiswa. Masalah utama dengan penelitian ini adalah seberapa tinggi tingkat membaca mahasiswa baru prodi PGSD UNP Kediri. Penelitian ini diharapkan dapat menginformasikan kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di prodi PGSD UNP Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Responden dalam penelitian ini berjumlah 70 mahasiswa PGSD UNP Kediri Angkatan 2022. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Penelitian ini menerapkan metode analisis kuantitatif deskriptif. Simpulan hasil penelitian ini yaitu Minat baca mahasiswa PGSD UNP Kediri tergolong baik. Mahasiswa pada zaman sekarang lebih memilh untuk membaca melalui platform digital sebab mudahnya akses  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwardi. (2018). Metode Penelitian: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Darussalam, Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Buku, M. N., & Sepe, F. (2019). Analisis Minat Baca Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi di FKIP UNWIRA. Bioma, 386-397. DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v8i2.4944

Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Basicedu, 117-130. doi: 10.31004/basicedu.v4i1.307

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). ANALISIS MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6-11. JPMI_Vol._4_No._1_2019.pdf (stkippamanetalino.ac.id)

Hardianto, D. (2011). Studi Tentang Minat Baca Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 108-121. https://staffnew.uny.ac.id/upload/132310873/penelitian/Studi+Tentang+Minat+Baca+Mahasiswa+FIP+UNY_0.pdf

Maliki, B. I., Julina, Septiani, D. S., Ain, F., & Basrowi. (2022). STRATEGI MENINGKATKAN MINAT MEMBACA MAHASISWA DI BEBERAPA UNIVERSITAS DI BANTEN: TINJAUAN MANAJEMEN PENDIDIKAN. Journal On Teacher Education, 697-707. DOI: https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.12179

Matondang, A. (2018). PENGARUH ANTARA MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR. BAHASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 24-32. DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.1215

Mulyani, E. T. (2018). Analisis Faktor-Faktor Pendukung Minat Baca Mahasiswa Jurusan Tari di Perpustakaan ISI SURAKARTA. Libraria, 387-404.

http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3147

Mumpuni, A., & Nurbaeti, R. U. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD. Jurnal Riset Pedagogik, 123-132. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229

Putri, A. D., & Suyitno. (2018). Analisis Minat Baca Mahasiswa Semester 5 PGSD UPGRIS. Widya Wacana, 9-17.

DOI: https://doi.org/10.33061/ww.v13i2.2255

Rahayu, N., & Azizah, S. (2021). MINAT MEMBACA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FKIP UNIVERSITAS RIAU. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1582-1587. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8539

Rahmani, E. F. (2019). ANALISIS MINAT BACA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS TERHADAP ARTIKEL ILLMIAH. EDUKASI: Jurnal Pendidikan, 198-211. DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1247

Siagian, R. E. (2012). PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Formatif, 123. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Simbolon, N. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pendidikan Dasar, 14-19. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12705

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Tanti, R. A., & Damariswara, R. (2023). Analisis Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Prototype Mahasiswa PGSD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 89-97. DOI: 10.30595/jrpd.v4i1.14021

Widodo, A., Indraswati, D., Erfan, M., Maulyda, M. A., & Rahmatih, A. N. (2020). Profil minat baca mahasiswa baru PGSD Universitas Mataram. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 34-48. DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5968

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nurjanah, D. novita D., Davina Pasha, N., Cake Putri Sadewa, M., & Damariswara, R. (2023). Analisis Minat Baca Mahasiswa PGSD UNP Kediri. Jurnal Pendidikan, 32(3), 433–442. https://doi.org/10.32585/jp.v32i3.4405

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)