PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.115Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar korespondensi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) siswa Kelas X OTKP 3 SMK Negeri 1 Sragen semester gasal tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP 3 SMK Negeri 1 Sragen yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah ada peningkatan prestasi belajar korespondensi siswa dari 21 siswa (58%) yang tuntas pada pra siklus menjadi 27 siswa (75%) yang tuntas pada siklus I dan meningkat menjadi 35 siswa (97%) yang mencapai batas ketuntasan belajar. Nilai rata-rata prestasi belajar Korespondensi meningkat dari 69,58 pada pra siklus menjadi 75,69 (meningkat 9%) pada siklus I dan menjadi 82,64 (meningkat 19%) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar Korespondensi siswa kelas X OTKP 3 SMK Negeri 1 Sragen melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI).
Kata kunci: Team Assisted Individualization, Prestasi belajar.
Downloads
References
Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Anita. Lie. (2002). Mempraktikkan Coopertive Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.
Arikunto, Suharsimi. (2011). Penelitian Tindakan.Yogyakarta: Aditya Media
Arikunto, S., Suhardjono, Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arnie Fajar, dkk. (2005). Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Asmani, Jamal Ma’mur. (2013). 7 Tips Aplikasi PAIKEM. Jogyakarta: Diva Press.
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Asri Budiningsih. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Daryanto dan Mulyo R. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Indra Bastian. (2006). Akuntansi Pendidikan. Yogyakarta: Erlangga.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Kalhani Kasholah. (2001). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Malang: Universitas Negeri Malang.
Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhibbin Syah. (2005). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyani Sumantri dan Johar Permana. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Permendikbud No. 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan.
Permendikbud No. 81A Lapiran IV tahun 2013 tentang Pedoman Umum Pembelajaran.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, Ngalim. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rini Budiharti. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: UNS Press.
Sardiman AM. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Tahun 2003.
Uno, Hamzah B dan Nurdin Mohamad. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wilis, Ratna D. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.