PENGGUNAAN STRATEGI TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.130Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai Sosiologi siswa di SMA Negeri 7 Sarolanun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing agar dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Penelitian di ambil secara kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data kualitatif dengan lembar penilaian. Sedangkan data kuantitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian, peningkatan hasil belajar siswa dinilai dari aspek pengetahuan setiap siklus yaitu, 62,95 siklus I menjadi 67,86,untuk siklus II dan 75,00 untuk siklus III, untuk hasil belajar siswa yang dinilai dari aspek sikap setiap siklus yaitu 46,43 % untuk siklus I menjadi 64,29 % untuk siklus II dan 76,58 % untuk siklus III dan penilaian dari aspek keterampilan setiap siklus yaitu, 32,14 % untuk siklus I 53,57 % untuk siklus II dan 82,15 % untuk siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Integrasi dan Reintegrasi.
Kata Kunci: Active Knowledge Sharing, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran
Downloads
References
Arkunto, Suharsimi (2015), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
Koesoema, Doni, (2007) Pendidikan Karakter: Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo.
Sardiman, (2012), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Grafindo Persada.
Sugiono, (2011), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Yamin, Martinis (2003), Strategi Pembelajaran berbasis Kompetensi, Jakarta: Gaung Persada Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.