PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Noor Emmy Ekawati MTs Negeri Magelang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika melalui model pembelajaran PBL kelas IX-G MTs Negeri Magelang. Siswa di kelas IX-G masih belum bisa memecahkan suatu masalah fisika secara sistematis, mereka belajar dengan hafalan, sehingga menyebabkan kemampuan pemecahan masalah masih rendah. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membanngkitkan siswa dalam mengatasi suatu masalah, yaitu dengan model Problem Based Learning (PBL). Pembelajaran Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang diperoleh melalui proses menuju pemahaman akan resolusi suatu masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-G MTs Negeri Magelang semester gasal tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar perangkat pembelajaran, lembar tes evaluasi, dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil dan pembahasan pada penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah diuraikan, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kelistrikan pada siswa kelas IX-G MTs Negeri Magelang. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu sebelum diberi tindakan ke siklus 1 terjadi peningkatan 28%, peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 34%, dan peningkatan dari pra siklus sampai ke siklus II sebesar 62 %.
Kata Kunci: fisika, kemampuan pemecahan masalah, problem based learning

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Branca, N.A. 1980. Problem Solving as Goal, Process and Basic Skills. in S Krulik and R.E. Reys (Eds). Problem Solving in School Mathematics. Washington DC: NCTM.

Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Medriati, Rosane. 2013. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Cahaya Kelas VII6 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Laboratorium di SMPN 14 Kota Bengkulu. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung 2013.

Warso, Agus Wasisto Dwi Doso. 2013. Publikasi Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Published

2018-01-09

How to Cite

Ekawati, N. E. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 45–50. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.15

Issue

Section

Artikel