Peningkataan Prestasi Belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.257Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Gatak semester I tahun pelajaran 2016/ 2017. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Gatak tahun pelajaran 2016/ 2017 sebanyak 36 siswa, sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk subjekpelaku tindakan adalah guru matematika kelas IX D selaku guru, teman sejawat selaku subjek yang melakukan observasi proses pembelajaran, Kepala Sekolah selaku subjek sumber data. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Gatak tahun pelajaran 2016/ 2017. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 68,9, pada siklus I sebesar 79,4 dan pada siklus II sebesar 83,7. Selain itu, presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan sebesar 50%, pada siklus I sebesar 69,5% dan pada siklus II sebesar 91,7%.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Daryanto dan Raharjo, Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gaya Media.
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV.Pustaka Setia.
Hasyim, Hadi Muttaqin. 2009. Tujuan Pembelajaran Matematika. http:// muttaqinhasyim. wordpress.com/ 2009/ 06/ 14/ tujuan-pembelajaran - matematika. (diakses 04 Januari 2015).
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mia, Ameliyah. 2013. Pendidikan.http://ameliyahmia.blogspot. com/2013/11/pendidikan.html (diakses03 Januari 2015).
Sardiman. 1986. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slavin, Robert E. 2008.Cooperative Learning Teori, RisetdanPraktik. Bandung: Nusa Media.
Sudjana, Nana. 1987. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Buru.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori&Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Widya, Risa. 2011. TAI (Team Accelarated Instruction). Http://risa-widya. Blogspot.com/ 2011/ 04/ tai-team-accelerated-instruction.html (diakses 04 Januari 2015).
Yoni, Acepdkk. 2012. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia (GrupRelasiInti Media).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.