Peningkataan Prestasi Belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization

Authors

  • Siti Juwariyah

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.257

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar  matematika  melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Gatak semester I tahun pelajaran 2016/ 2017. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Gatak  tahun pelajaran 2016/ 2017  sebanyak 36 siswa, sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk  subjekpelaku tindakan adalah guru matematika kelas IX D selaku guru, teman sejawat selaku subjek yang melakukan observasi proses pembelajaran, Kepala Sekolah selaku subjek sumber data. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan prestasi belajar  matematika siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Gatak tahun pelajaran 2016/ 2017. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata prestasi belajar  matematika siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 68,9, pada siklus I sebesar 79,4 dan pada siklus II sebesar 83,7. Selain itu, presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan sebesar 50%, pada siklus I sebesar 69,5% dan pada siklus II sebesar 91,7%.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Daryanto dan Raharjo, Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gaya Media.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV.Pustaka Setia.

Hasyim, Hadi Muttaqin. 2009. Tujuan Pembelajaran Matematika. http:// muttaqinhasyim. wordpress.com/ 2009/ 06/ 14/ tujuan-pembelajaran - matematika. (diakses 04 Januari 2015).

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mia, Ameliyah. 2013. Pendidikan.http://ameliyahmia.blogspot. com/2013/11/pendidikan.html (diakses03 Januari 2015).

Sardiman. 1986. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slavin, Robert E. 2008.Cooperative Learning Teori, RisetdanPraktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 1987. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Buru.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori&Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Widya, Risa. 2011. TAI (Team Accelarated Instruction). Http://risa-widya. Blogspot.com/ 2011/ 04/ tai-team-accelerated-instruction.html (diakses 04 Januari 2015).

Yoni, Acepdkk. 2012. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia (GrupRelasiInti Media).

Published

2019-01-30

How to Cite

Juwariyah, S. (2019). Peningkataan Prestasi Belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.257

Issue

Section

Artikel