HUBUNGAN PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.26Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang tepat, sahih, valid serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang Hubungan Penerapan Metode Cooperative Learning Dengan Hasil Belajar Siswa Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 60 responden. Didukung pula dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan Product Moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian dilihat dari segi uji koefisien Product Moment menghasilkan rxy atau ro sebesar 0,486 hal ini menunjukkan bahwa ro lebih besar dari pada rt pada taraf signifikan 5 % = 0,254 dan taraf signifikan 1 % = 0,413. Membandingkan besarnya “rxy” dengan “rt” seperti yang diketahui rxy yang peneliti peroleh adalah = 0,486, sedangkan rt masing-masing 0,354 dan 0,413. Dengan demikian ternyata bahwa rxy > rt baik pada taraf signifikan 5 % atau 1 % , Dalam hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang sedang atau cukup antara penerapan metode cooperative learning dengan hasil belajar siswa. Korelasi tersebut adalah penerapan metode cooperative learning sebagai metode yang efektif terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Cooperative Learning memiliki hubungan yang sedang atau cukup dengan hasil belajar siswa.Kata- kata kunci : Metode, Cooperative Learning, Hasil Belajar
Downloads
References
Ames, C & Archer, J. 1988 Achievment goals in the classroom : students’ learning strategies and motivation processes. Journal of Education, 3, 260-270.
Atkinson. R. K. , 2002 Optimizing Learning From Examples Using Pedagogical Agents. Journal of Education , 94 (2), 416-427.
Isjoni, 2011. Pembelajaran Kooperatif, Yogyakarta: Putaka Pelajar.
Muslimin Ibrahim, dkk. 2001. Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: Uniersity Press.
Molyneux, L. 1992. Cooperative Learning, Science and Success: step-by-step Activities. New York: Trellis Book
Sharan, Shlomo, 2012. Handbook Of Cooperative Learning, Yogyakarta: Familia.
Sydarwan Danim, 2010, Pedagogi,Andragogi dan heutagogi, Alfabeta, Bandung.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sudjono Fundamental Statistic in psychology and education 2011:180.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Uyoh Sadulloh, 2010, Pedgogik (Ilmu Mendidik), Alfabeta, Bandung.
Wina Sanjaya, 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: kencana prenada media group.
Wena Made, 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.