PENINGKATAN SIKAP KEDISIPLINAN MELALUI APEL PAGI SISWA MIN NGLAWU SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.27Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap kedisiplinan siswa kelas VC MIN Nglawu Sukoharjo Tahun ajaran 2016/2017 melalui apel pagi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus tersebut meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VC MIN Nglawu Sukoharjo berjumlah 38 anak terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Kriteria peningkatan kedisiplinan yang dicapai siswa dilihat dari adanya perubahan kearah perbaikan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kegiatan apel pagi dapat meningkatkan sikap kedisiplinan siswa. Hal itu terlihat dari hasil observasi pada siswa persentase nilai pra tindakan sebesar 26,32% atau sebanyak 10 siswa yang masuk kategori disiplin. Tindakan I meningkat menjadi 39,48% atau sebanyak 15 siswa. Sedangkan pada Tindakan II meningkat menjadi 65,79% atau sebanyak 25 siswa.
Kata Kunci : Kedisiplinan, Apel Pagi
Downloads
References
Alimaun, Imam (2015). Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Se-Daerah Binaan R.A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Purworejo. Skripsi: UNESS.
Amir. 2007. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: UNS Pres
B. Siswanto Sastrohadiwiryo. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Hadi, Sutrisno. (2001). Metodologi Research Jilid III. Yogyakarta: Andi Offset.
Hurlock Elizabeth B. (1988). Perkembangan Anak Jilid 2. (Alih Bahasa: Med. Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.
Kasihani Kasbolah. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang
Mohammad Mustari. (2011). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: laks Bang Pressindo.
M. Rasyid Nur. 2015. http://www.kompasiana.com/mrasyidnur/manfaat-apel-tiap-pagi-di-sekolah_550f3fa1813311d434bc5fa8
Rustam, Mundilarto (2004) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi, Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.