PENINGKATAN SIKAP KEDISIPLINAN MELALUI APEL PAGI SISWA MIN NGLAWU SUKOHARJO

Authors

  • Warsito Warsito

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.27

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap kedisiplinan siswa kelas VC MIN Nglawu Sukoharjo Tahun ajaran 2016/2017 melalui apel pagi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus tersebut meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VC MIN Nglawu Sukoharjo berjumlah 38 anak terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Kriteria peningkatan kedisiplinan yang dicapai siswa dilihat dari adanya perubahan kearah perbaikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kegiatan apel pagi dapat meningkatkan sikap kedisiplinan siswa. Hal itu terlihat dari hasil observasi pada siswa persentase nilai pra tindakan sebesar 26,32% atau sebanyak 10 siswa yang masuk kategori disiplin. Tindakan I meningkat menjadi 39,48% atau sebanyak 15 siswa. Sedangkan pada Tindakan II meningkat menjadi 65,79% atau sebanyak 25 siswa.
Kata Kunci : Kedisiplinan, Apel Pagi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimaun, Imam (2015). Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Se-Daerah Binaan R.A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Purworejo. Skripsi: UNESS.

Amir. 2007. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: UNS Pres

B. Siswanto Sastrohadiwiryo. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Hadi, Sutrisno. (2001). Metodologi Research Jilid III. Yogyakarta: Andi Offset.

Hurlock Elizabeth B. (1988). Perkembangan Anak Jilid 2. (Alih Bahasa: Med. Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.

Kasihani Kasbolah. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang

Mohammad Mustari. (2011). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: laks Bang Pressindo.

M. Rasyid Nur. 2015. http://www.kompasiana.com/mrasyidnur/manfaat-apel-tiap-pagi-di-sekolah_550f3fa1813311d434bc5fa8

Rustam, Mundilarto (2004) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Suharsimi, Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Published

2018-01-09

How to Cite

Warsito, W. (2018). PENINGKATAN SIKAP KEDISIPLINAN MELALUI APEL PAGI SISWA MIN NGLAWU SUKOHARJO. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.27

Issue

Section

Artikel