PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA KOMPETENSI DASAR BERMAIN DRAMA MELALUI MODEL JIGSAW
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.29Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan dan peningkatan strategi model jigsaw guna meningkatkan keterampilan bermain drama pada siswa kelas VIII SMP N 2 Sukoharjo tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Sukoharjo Tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi, Teknik analisis data menggunakan data model Interpretasi yaitu kegiatan menafsirkan fakta-fakta yang diperoleh dan data yang telah diseleksi pada tahap sebelumnya untuk selanjutnya dilakukan analisis data.Hasil penelitian menunjukan pembelajaran bahasa Indonesia melalui model jigsaw jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada kompetensi dasar bermain drama. Hasil tes yang dicapai siswa yaitu pada siklus I sebanyak 25 siswa (62,5%) tuntas dan pada siklus II sebanyak 36 siswa (90%) tuntas, sehingga meningkat sebanyak 12 siswa (30%), Keterampilan berbicara pada kompetensi dasar bermain drama pada akhir siklus II semua siswa mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Ketrampilan Berbicara, Bermain Drama
Downloads
References
Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.
Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Ketrampiulan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang:YA 3 Malang.
Akhadiah, S. dkk. 1991. Bahasa Indonesia III. Jakarta: Depdikbud.
Aqib, Zaenal dan Diniati, Eko. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung:Yaam Widya.
Dediknas. 2005. Bahasa dan Sastra Indonesia Materi Terintegrasi. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:Depdiknas.
Djuanda, D. 2008. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung:Pustaka Latifah.
FKIP Univet. 2009. Pedoman Teknik Penulisan Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Sukoharjo:FKIP Univet.
FKIP Univet. 2008. Klitika Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Sukoharjo : FKIP Univet.
Haryadi, Zamzani. 1997. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta:Depdikbud.
Harymawan, RMA. 1988. Dramaturgi. Bandung:CV Rosda.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana Prenada Media.
Satoto, Soediro. 1993. Kajian Drama. Surakarta:STSI Press.
Sukidin. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Insan Cendikia.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning, teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Susilo, Herawati dan Chotimah Husnul dan Dwitasari, Yuyun. 2000. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang:Bayumedia Publishing.
Waluyo, Hermawan J. 2001. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta:PT. Hanindita Graha Widya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.