PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA KOMPETENSI DASAR BERMAIN DRAMA MELALUI MODEL JIGSAW

Authors

  • Kenang Tri Hatmo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.29

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan dan peningkatan strategi model jigsaw guna meningkatkan keterampilan bermain drama pada siswa kelas VIII SMP N 2 Sukoharjo tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Sukoharjo Tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi, Teknik analisis data menggunakan data model Interpretasi yaitu kegiatan menafsirkan fakta-fakta yang diperoleh dan data yang telah diseleksi pada tahap sebelumnya untuk selanjutnya dilakukan analisis data.
Hasil penelitian menunjukan pembelajaran bahasa Indonesia melalui model jigsaw jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada kompetensi dasar bermain drama. Hasil tes yang dicapai siswa yaitu pada siklus I sebanyak 25 siswa (62,5%) tuntas dan pada siklus II sebanyak 36 siswa (90%) tuntas, sehingga meningkat sebanyak 12 siswa (30%), Keterampilan berbicara pada kompetensi dasar bermain drama pada akhir siklus II semua siswa mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Ketrampilan Berbicara, Bermain Drama

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Ketrampiulan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang:YA 3 Malang.

Akhadiah, S. dkk. 1991. Bahasa Indonesia III. Jakarta: Depdikbud.

Aqib, Zaenal dan Diniati, Eko. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung:Yaam Widya.

Dediknas. 2005. Bahasa dan Sastra Indonesia Materi Terintegrasi. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:Depdiknas.

Djuanda, D. 2008. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung:Pustaka Latifah.

FKIP Univet. 2009. Pedoman Teknik Penulisan Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Sukoharjo:FKIP Univet.

FKIP Univet. 2008. Klitika Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Sukoharjo : FKIP Univet.

Haryadi, Zamzani. 1997. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta:Depdikbud.

Harymawan, RMA. 1988. Dramaturgi. Bandung:CV Rosda.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana Prenada Media.

Satoto, Soediro. 1993. Kajian Drama. Surakarta:STSI Press.

Sukidin. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Insan Cendikia.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning, teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Susilo, Herawati dan Chotimah Husnul dan Dwitasari, Yuyun. 2000. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang:Bayumedia Publishing.

Waluyo, Hermawan J. 2001. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta:PT. Hanindita Graha Widya.

Published

2018-01-09

How to Cite

Hatmo, K. T. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA KOMPETENSI DASAR BERMAIN DRAMA MELALUI MODEL JIGSAW. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(2), 173–180. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.29

Issue

Section

Artikel