Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Problem Possing pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.294Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Possing pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojolaban semester II tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojolaban semester II tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 63,0 mencapai ? 80%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Possing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojolaban. Sebelum tindakan/prasiklus, prestasi belajar siswa yang mencapai KKM 18 siswa atau 58,0%, pada siklus I, 24 siawa atau 77,4% dan pada siklus II, 27 siswa atau 87,9%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 65,03 setelah tindakan siklus I sebesar 75,90 dan setelah tindakan siklus II sebesar 84,13.
Downloads
References
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Possing pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojolaban semester II tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojolaban semester II tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 63,0 mencapai ≥ 80%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Possing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojolaban. Sebelum tindakan/prasiklus, prestasi belajar siswa yang mencapai KKM 18 siswa atau 58,0%, pada siklus I, 24 siawa atau 77,4% dan pada siklus II, 27 siswa atau 87,9%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 65,03 setelah tindakan siklus I sebesar 75,90 dan setelah tindakan siklus II sebesar 84,13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.