Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Prakarya
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.295Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar prakarya melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VII G SMP Negeri2 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2017/ 2018 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70,0 mencapai ? 85%.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa prakarya siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Sukoharjo. Sebelum tindakan/ prasiklus, prestasi belajar siswa yang mencapai KKM 15 siswa atau 46,9%, pada siklus I, 23 siawa atau 71,9% dan pada siklus II, 30 siswa atau 93,75%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 68,5 setelah tindakan siklus I sebesar 71,9 dan setelah tindakan siklus II sebesar 82,1.
Downloads
References
Arikunto, A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, M. 2011. Coopertive Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Putaka Pelajar.
Isjoni. 2011.Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2008. Stretegi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
----------------. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sujatmiko, P. 2005. Seni musikKreatif 2. Solo: Tiga Serangkai Pustaka mandiri
Taniredja, T, Irma, dan Nyata. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru Praktik, Praktis, dan Mudah. Bandung: Alfabeta.
Untoro, J. 2007. Buku Pintar Seni musikSMP. Jakarta: Wahyu Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.