Peningkatan Prestasi Belajar IPA melalui Penggunaan Model Jigsaw pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.296Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/ 2019. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/ 2019 sebanyak 32 siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk subjek pelaku tindakan adalah guru IPA kelas IX B selaku guru, teman sejawat selaku subjek yang melakukan observasi proses pembelajaran, Kepala Sekolah selaku subjek sumber data. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/ 2019. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata prestasi belajar IPA siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 65,78, pada siklus I sebesar 76,71 dan pada siklus II sebesar 86,68. Selain itu, presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan sebesar 65,52%%, pada siklus I sebesar 71,87% dan pada siklus II sebesar 90,62%.
Downloads
References
Arifin Zaenal. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik prosedur. Bandung : Remadja Rosdakarya.
Astuti, Siti Irene. (2007). Desentralilsasi Pendidikan dan Ketimpangan Mutu pada tingkat Satuan Pendidikan. Makalah Simposium Nasional 2007, Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Balitbang, Depdiknas RI.
Den Brok, P.et.al. (2002) Diagnosin and Improving The Quality of Techers Inter Persolen Behaviar. The Internasional Journal of Educational Management. Vol. 16, No. 4 176 – 184, MBC Up Limited.
Depdiknas. (2003). Indikator Pendidikan di Indonesia. Jakarta: LitBang Depdiknas.
Iskandar, Srini M. (2006). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dasar-dasar Sains dengan Menggunakan Pembelajaran Berkelompok ( Learning Together) dan Pembelajaran Timbal Balik ( Reciprocal Teaching ). Jurnal Penelitian Kependidikan.
Joyce, B. dan Marsha Weil. (1996). Models of Teaching. Needham Heights: Allyn & Bacon.
Poerwadarminta. (1976). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Slavin,Robert,E. (1995). Cooperatif Learning Research and Practise. Boston : Allyn & Bacon.
Sukmadinata,N.S.,dkk (2002). Pengendalian mutu pendidikan sekolah menegah. Bandung: Kesuma Karya.
Tim PTBK (2004). Buku Panduan Materi Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.