Peningkatan Prestasi Belajar IPA melalui Penggunaan Model Jigsaw pada Siswa SMP

Authors

  • Sri Hartanto

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.296

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar  IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/ 2019. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Sukoharjo  tahun pelajaran 2018/ 2019  sebanyak 32 siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk  subjek pelaku tindakan adalah guru IPA kelas IX B selaku guru, teman sejawat selaku subjek yang melakukan observasi proses pembelajaran, Kepala Sekolah selaku subjek sumber data. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar  IPA siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/ 2019. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata prestasi belajar  IPA siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 65,78, pada siklus I sebesar 76,71 dan pada siklus II sebesar 86,68. Selain itu, presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan sebesar 65,52%%, pada siklus I sebesar 71,87% dan pada siklus II sebesar 90,62%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin Zaenal. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik prosedur. Bandung : Remadja Rosdakarya.

Astuti, Siti Irene. (2007). Desentralilsasi Pendidikan dan Ketimpangan Mutu pada tingkat Satuan Pendidikan. Makalah Simposium Nasional 2007, Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Balitbang, Depdiknas RI.

Den Brok, P.et.al. (2002) Diagnosin and Improving The Quality of Techers Inter Persolen Behaviar. The Internasional Journal of Educational Management. Vol. 16, No. 4 176 – 184, MBC Up Limited.

Depdiknas. (2003). Indikator Pendidikan di Indonesia. Jakarta: LitBang Depdiknas.

Iskandar, Srini M. (2006). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dasar-dasar Sains dengan Menggunakan Pembelajaran Berkelompok ( Learning Together) dan Pembelajaran Timbal Balik ( Reciprocal Teaching ). Jurnal Penelitian Kependidikan.

Joyce, B. dan Marsha Weil. (1996). Models of Teaching. Needham Heights: Allyn & Bacon.

Poerwadarminta. (1976). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Slavin,Robert,E. (1995). Cooperatif Learning Research and Practise. Boston : Allyn & Bacon.

Sukmadinata,N.S.,dkk (2002). Pengendalian mutu pendidikan sekolah menegah. Bandung: Kesuma Karya.

Tim PTBK (2004). Buku Panduan Materi Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Downloads

Published

2019-01-30

How to Cite

Hartanto, S. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar IPA melalui Penggunaan Model Jigsaw pada Siswa SMP. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.296

Issue

Section

Artikel