Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.302Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan terhadap proses pembelajaran yang berdampak terhadap hasil belajar siswa, diantaranya pembelajaran yang dilakukan masih terpusat pada guru serta penggunaan media pembelajaran kurang maksimal dan hanya terpaku pada buku pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan menggunakan media flash card. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dan peneliti yang dilaksanakan dalam dua tindakan pada setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN I Pesanggrahan sebanyak 26 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes evaluasi, lembar observasi siswa, lembar observasi guru dan foto kegiatan. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa sebelum dilakukan tindakan yaitu 52,7 dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 30,8%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas yang diperoleh yaitu 66,2 dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 53,8. Pada siklus II nilai rata-rata kelas yang diperoleh yaitu 74,7 dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 80,8%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media Flashcard dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN I Pesanggrahan.
Downloads
References
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Fitriyani, E. dan Nulanda, P.Z. Efektivitas Media Flash Cards Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi. 4, (2), hlm.167-182.
Maghfiroh, L. (2013). Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1, (2), hlm. 1-13.
Natalia, M.D. dan Susarno, L.H. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Alat Musik Tradisonal Indonesia pada Siswa Kelas V SDN Balongsari 7 Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 6, (2), hlm. 1-7.
Sadiman, A.S, dkk. (2014). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardjiyo, dkk. (2007). Pendidikan IPS di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
Sumaatmadja, N. (2007). Materi Pokok Konsep Dasar IPS. Jakarta : Universitas Terbuka.
Supriatna, N., dkk. (2009). Bahan Belajar Mandiri Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Susilana R. dan Riyana C. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Wiriaatmaja, R. (2013). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rodakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.