Peranan Guru Dalam Pendidikan Inklusif Untuk Pencapaian Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.440Keywords:
pendidikan, Inklusif, Guru, peranan.Abstract
Fenomena mengenai permasalahan yang berhubungan dengan siswa berkebutuhan khusus atau siswa yang membutuhkan pengajaran dalam menuntut ilmu secara lebih mendalam. Siswa tersebut nantinya akan mengikuti sistem pembelajaran reguler terutama di Sekolah Dasar yang menuntut untuk menyelenggarakan pembelajaran secara inklusi yang menyatukan proses belajar mengajar antara siswa reguler (siswa yang normal) dengan siswa berkebutuhan khusus. Maka dari itu kompetensi Guru di Sekolah akan dituntut lebih mendalam dalam mengajar siswa yang berkebutuhan khusus. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research), sedangkan pengumpulan data dengan menelaah dan mengeksplorasi beberapa Jurnal, buku, serta beberapa artikel dimana sumber data atau informasi lainnya relevan (terkait) dengan kajian yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis peranan Guru dalam Pendidikan inklusif kepada siswa yang berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah melakukan pembelajaran adaptif bagi anak yang kesulitan belajar dengan menyesuaikan kondisi peserta didik itu sendiri, penyesuaian tersebut berkaitan dengan metode strategi, materi, alat/media pembelajaran, dan lingkungan belajar.
Downloads
References
Simplice, Stella-Maris, dan Rexton T. Nting. Inequality, information and incusive education in sub-Saharan Africa, 2019, South Afrika, Technological Forecasting & Sosial Change.
Suryanto dan Mudjito, Masa Depan Pendidikan Inklusif, 2014, Dirjen Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jakarta.
Satrio Budi Wibowo and Juhri Abdul Muin, (2018), “Inclusive Education in Indonesia: Equality Education Access for Disabilities” in The 1st International Conference on South East Asia Studies, 2016, KnE Social Sciences.
Lattu Desje, 2017, Peran Guru Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi, Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan Volume 02 Number 01.
Aline Bento Ambrosio Avelar, Keilla Dayane da Silva-Oliveira and Raquel da Silva Pereira, 2019, Education for advancing the implementation of the Sustainable Development Goals: A systematic approach: The International Journal of Management Education.
Aulia Rahmaniar Fannisa (2016), The Role Of Shadow Teacher On Giving Education Service For Special Students In The Inclusive School SD N Giwangan Yogyakarta, Yogyakarta:Jurnal Widia Ortodidaktika.
Asep Supena, 2017, Model Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Tunagrahita Di Sekolah Dasar, Jakarta:Jurnal Parameter Volume 29 No. 2.
Robinson Deborah, 2017, “Effective inclusive teacher education for special educational needs and disabilities: Some more thoughts on the way forward” : Teaching and Teacher’s Education.
Agung Nugroho dan Lia Mareza, 2016, Model Dan Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi, Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 2 Nomor 2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.