Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang

Authors

  • Nofriza Efendi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.460

Keywords:

Implementasi, Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar, Karakter

Abstract

Fenomena peserta didik yang membersihkan lapangan sekolah sebelum berbunyi lonceng masuk pelajaran, memperhatikan kondisi kebersihan di sekitar tempat duduk dan sebelum pulang sekolah peserta didik selalu menyirami tanaman bunga. Semua kegiatan tersebut dilakukan secara sadar tampa ada perintah guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai peduli lingkungan melalui pembelajaran di dalam kelas, implementasi nilai peduli lingkungan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan hambatan yang ditemukan dalam implementasi nilai peduli lingkungan di Sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan ditentukan dengan menggunakan Purposive Sampling. Hasil penelitian diperoleh temuan bahwa (1) Internalisasi nilai peduli lingkungan dalam perencanaan pembelajaran berupa menyusun perangkat pengajaran seperti silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran, perangkat tersebut telah dianalisis terlebih dahulu mengenai muatan nilai yang terkandung dalam materi yang akan diajarkan (2) Implementasi nilai peduli lingkungan diintegrasikan melalui pembelajaran didalam kelas dan melalui kegiatan rutin sekolah, kegiatan spontan dan melalui keteladanan perilaku (3) Hambatan yang ditemukan dalam implementasi nilai peduli lingkungan terdiri dari faktor internal seperti, kebiasaan buruk peserta didik tidak peduli kebersihan diri, rendahnya pengetahuan peserta didik untuk memilih sampah yang berserakan. Faktor eksternal seperti, kurangnya fasilitas yang memadai dan kurangnya kerjasama orang tua dengan guru di sekolah.

Author Biography

Nofriza Efendi, Universitas Negeri Padang

Pascasarjana Pendidikan Dasar

References

Asmani, Ja’mal Ma’mur. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta : Diva Press.

Bukit, Seriwa dan Widyaswara Madya. (2014). Pendidikan Karakter. Makalah tidak diterbitkan, Balai Diklat Keagamaan. Medan.

Bungin, Burhan. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers. Jakarta.

Creswell. (2010). Research design. Pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Belajar.

Dwi, Sekar Ardianti, Savitri Wanabuliandari, dan Susilo Rahardjo. (2017). Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Model Ejas Dengan Pendekatan Science Edutainment. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” Vol. IV No. 1 .

Hafida, Nur. (2018). Pembentukan Karakter Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Bagi Peserta Didik Di Madrasah Melalui Program Adiwiyata. Jurnal FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Volume 8, Nomor 2.

Hamzah, A. (2016). Profil Pembelajaran Karakter di Sekolah Dasar. JINOTEP, (6), 302.

Hasan. (2011). Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter, Makalah dikemukakan pada Seminar Sejarah Nasional Himpunan Mahasiswa Sejarah, UNNES, 10 Nopember 2011.

Mukminin, Amirul Al-Anwari. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah. Jurnal. TA’DIB, Vol. XIX, No. 02.

Nisa, Jakiatin. (2015). Outdoor Learning Sebagai Metode Pembelajaran IPS Dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2 (1).

Wakhidah, Kholifatul. (2014). Pengaruh Penanaman Nilai-Nilai Konservasi Terhadap Karakter Peduli Pada Lingkungan Anak Usia Dini. Jurnal BELIA 3 (2).

Kunandar. (2011). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Maunah, Binti. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, V.1 (2015), 90–101.

Muhammad. (2017). Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di SD Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Geografi, Volume 17, Nomor 1.

Rimadhani, Melia Trahati. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. Jurnal Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun ke IV .

Rahman, Arif Hikam.dkk. (2013). Pengembangan Game Edukasi Visual Novel Berbasis Pembangunan Karakter Pada Materi Pelestarian Lingkunga. Jurnal Unnes Journal of Biology Education 2 (2).

Rezkita, Shanta dan Kristi Wardani. (2018). Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4, Nomor 2.

Suharjana. (2012). Kebiasaan Berperilaku Hidup Sehat Dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 2.

Surya, Refli Barkara, dan Sermal. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa SMA Kota Padang. Seminar Nasional Sejarah ke 4 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang.

Susanto, Ermawan. (2013). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Karakter Untuk Meningkatan Nilai-Nilai Afektif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III, Nomor 3.

Stia, Ayu Rini dan I Putu Gde Sukaatmadja I Gst. Ayu Kt. Giantari. (2017). Pengaruh Pengetahuan Lingkungan Dan Kepedulian Lingkungan Terhadap Sikap Dan Niat Produk Hijau “the Body Shop Di Kota Denpasar”’, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 6.1, 6.1 (2017), 137–66.

Wijanart, Wilis, I Nyoman Sudana Degeng dan Sri Untari3. (2019). Problematika Pengintegrasian Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan, Vol. 4, No. 3, Bln Maret, Thn 2019, Hal 393—398.

Wuryandani, Wuri Fathurrohman dan Unik and Ambarwati. (2016). ‘Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Di Muhammadiyah Boarding School’, Cakrawala Pendidikan, XXXV.2 (2016), 208http://dx.doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/cp.v15i2.9882

Published

2020-08-29

How to Cite

Efendi, N. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 62–71. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.460

Issue

Section

Artikel