PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARAN FISHBONE DIAGRAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA

Authors

  • Christiana Evy Widyahening

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.59

Abstract

Tujuan dari kajian ini adalah untuk menggambarkan penggunaan dan peran teknik pembelajaran Fishbone Diagram dalam pembelajaran reading skill. Kajian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik kajian pustaka. Hasil kajian menggambarkan bahwa bahasa merupakan dasar dari kemampuan yang dimiliki oleh manusia. Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan bahsa untuk berkomunikasi. Manusia juga membutuhkan bahasa untuk berbagi pendapat, informasi, gagasan dan mengungkapkan perasaan. Teknik diagram Fishbone digunakan untuk menentukan hubungan sebab akibat dalam sebuah gagasan yang kompleks atau peristiwa. Teknik ini dapat membantu siswa untuk memahami bagaimana sebuah tema utama memiliki gagasan yang bermacam-macam dan saling berkaitan. Teknik diagram Fishbone merupakan teknik yang sangat bagus digunakan dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa.

Kata kunci: Ketrampilan membaca, Fishbone Diagram

References

Brown, H. Douglas. 2000. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. London: Longman.

________________. 2007. Principles of Language Learning and Teaching. Fifth Edition. San Fransisco: Longman.

Doty, Leonard .A. 1996. Statistical Process Control. Second Edition. New York: Industrial Press.

Grabe, William. 2009. Reading in a Second Language: Moving from Theory to Practice. Cambridge: Cambridge University Press.

Juran, M. Joseph dan A. Blanton Godefrey. 1999. Juran’s Quality Handbook. Washington: McGraw-Hill.

Kang, Chang W dan Paul H Kvam. 2011. Basic Statistical Tools for Improving Quality. New Jersey: Hoboken.

McKnight, Katherine S. 2010. The Teacher’s Big Book of Graphic Organizers. San Fransisco: Jossey-Bass.

Nunan, David. 1989. Designing Task for the Communicative Classroom. Cambridge: Cambridge University Press.

Nurson, Erlinda M. 1993. Alat Peningkatan Mutu: Jilid 1. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Widodo, Nawolo. 1989. Teknik Penuntun Pengendali Mutu. Jakarta: Mediyatama Sarana Perkasa.

Published

2018-01-31

How to Cite

Widyahening, C. E. (2018). PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARAN FISHBONE DIAGRAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.59

Issue

Section

Artikel