PENGEMBANGAN SOFTSKILL MAHASISWA CALON GURU MELALUI PEMBERDAYAAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS PASUNDAN
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.66Abstract
Soft skills merupakan bagian keterampilan dari seseorang yang lebih bersifat pada kehalusan atau sensitifitas perasaan seseorang terhadap lingkungan di sekitarnya Soft skills menjadi suatu hal yang sangat penting karena kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skills) saja, tetapi yang lebih utama didukung oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skills). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kegiatan UKM dan kegiatan perkuliahan dalam aktivitas presentasi yang berkaitan dengan pengembangan soft skills mahasiswa calon guru. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kerja Unit Kegiatan Mahasiswa dan proses perkuliahan pada aktivitas diskusi mahasiswa mulai menerapkan aspek-aspek soft skills. Aspek soft skills yang dijaring terdiri dari beberapa aspek yaitu kemampuan berkomunikasi, kemampuan berfikir atau bernalar, kemampuan menyelesaikan masalah, kerjasama tim, etika/moral dan keterampilan kepemimpinan.
Keywords: Soft Skills, Unit Kegiatan Mahasiswa
Downloads
References
Aly, Abdullah. (2017). Pengembangan Pembelajaran Karakter Berbasis Soft Skills Di Perguruan Tinggi. Ishraqi. Volume 1 No. 1. ISSN: 1412-5722. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
Cahyono, Didik. (2012). Guru Abad 21. Diakses dari laman web tanggal 5 Februari 2016 dari https://areknerut.wordpress.com/2012/12/20/guru-abad-21-2/
Dahar, R.W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Herizon dan Wirda. F. (2012). Pengembangan Soft Skills Melalui Pendekatan Student Centre Learning Di Perguruan Tinggi. POLI BISNIS Vol 4, No 2 (2012) halaman. 101-112Ikhsania.
Anisa Amalia. (2013). Mahasiswa dan Organisasi. Diakses dari laman web tanggal 4 Februari 2016 dari : http://www.kompasiana.com
Rahayu. E.L. ( 2013). Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Diakses dari laman web tanggal 6 Februari 2016 dari http:// eprints.uny.ac.id18188/4/4
Rao. M.S. (2015). Step By Step To Soft-Skills Training : How To Enhance Employability Skills In Students. Human Resource Management International Digest, Vol. 23 Issue: 6, pp.34-36, https://doi.org/10.1108/HRMID-06-2015-0099
Rismansyah, Lukman. (2015). Perananan Soft skills Bagi Mahasiswa Yang Akan Bekerja Maupun Membuat Lapangan Pekerjaan Diakses dari laman web tanggal 6 Maret 2017 dari: http://characterbuildinglukman.blogspot.co.id/2015/05/perananan-soft-skills-bagi-mahasiswa.html
Setiawan, Budi., Supriyono. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Dengan Powerpoint dan Wondershare Untuk Pengembangan Soft Skills Siswa bagi Guru SMP. Jurnal Ilmiah Saintikom, Sain dan computer ISSN : 1978-6603
Suharyanti, C. Murtini, W. Susilowati, W. (2015). Pengaruh Proses Pembelajaran dan Program Kerja Praktek Terhadap Pengembangan Soft Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Vol 4, No 1.
Sulaiman, M. (2015). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Presentasi. Diakses dari laman web tanggal 5 Februari 2017 dari : https://prezi.com/xpqm1icwlfu8/meningkatkan-keterampilanbebicara-melalui-metode- presentasi/
Syachruddin, A. R. (2016). Evaluasi Pendidikan Dan Pengajaran Melalui Pemantauan Proses Perkuliahan Pada FKIP Unram. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 21 No. 2.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah (berbasis integrasi). Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.